Home » Tabagsel » Polres Tapsel Bekuk Tersangka Pengedar Ganja di Paluta

Polres Tapsel Bekuk Tersangka Pengedar Ganja di Paluta

Sumber: www.analisa daily.com (september 2009)

P. Sidimpuan, (Analisa)

marihuana ganja cannabis 13 300x225 Polres Tapsel Bekuk Tersangka Pengedar Ganja di PalutaSatuan Narkoba bersama dengan Sat Reserse Kriminal Polres Tapanuli Selatan berhasil menggulung pengedar daun ganja kering di desa Huta Lombang Paranginan Kota Gunug Tua kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), kemarin sekira pukul 16.00 WIB.

Seorang tersangka ASD alias Ali alias Bana (23) penduduk jalan Mesjid Kelurahan Wek III Kota Gunung Tua Paluta bersama barang bukti daun ganja kering seberat 2 Kg diamankan petugas, saat tersangka akan melakukan transaksi dengan pembelinya.

Informasi yang dihimpun Analisa menyebutkan, penangkapan tersangka pengedar barang haram itu berawal dari laporan masyarakat ke Kapolres Tapsel AKBP Pranyoto Harahap, S.Ik, bahwa di desa Huta Lombang Paranginan Kota Gunug Tua akan terjadi transaksi ganja yang diduga berasal dari Mandailing Natal.

Mendapat laporan itu, Kapolres langsung memerintahkan Kasat Reskrim AKP Waiman dan Pj Kasat Narkoba Iptu Huayan Harahap, SH untuk menindaklanjuti laporan masyarakat tersebut. Bersama beberapa anggota tim sat Narkoba dan Reskrim langsung berangkat ke TKP dan melakukan pengintaian guna membekuk tersangka sesuai dengan ciri-ciri yang diinformasikan.

Di TKP, petugas ditebar disetiap penjuru, sekaligus mengamati setiap gerak gerik orang yang mencurigakan. Tidak berapa lama kemudian, tersangka yang dicurigai sesuai dengan ciri-ciri, melintas di jalan sekitar desa mengenderai sepeda motor yang berboncengan dengan teman tersangka (DPO) dan berhenti di suatu tempat yang cukup gelap dengan menenteng tas pelastik warna hitam yang diduga berisi daun ganja guna diserahkan kepada si pembelinya.

Tanpa membuang waktu, petugas langsung menyergap tersangka yang saat itu tidak menyangka kalau tersangka sudah diintai sejak lama dan menggeledah barang bawaan tersangka, yang ternyata berisi daun ganja seberat 2 Kg.

Sementara teman tersangka yang sebelumnya menunggu di atas sepeda motor langsung tancap gas menghindari tangkapan petugas. Di TKP petugas langsung menginterogasi tersangka untuk dilakukan pengembangan.

Dari pengakuan tersangka, ia telah lama berprofesi sebagai pengedar ganja di wilayah Paluta namun baru kali ini di tangkap oleh petugas. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka beserta barang bukti 2 Kg daun ganja langsung diboyong ke Mapolres Tapsel untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Kapolres Tapsel AKBP Pranyoto Harahap, S.Ik melalui Pj Kasat Narkoba Iptu Huayan Harahap, SH yang dikonfirmasi membenarkan penangkapan tersebut, ” tersangka akan dijerat pasal 82 ayat 1 huruf a Jo 78 ayat 1 huruf a UU RI No. 22 tahun 1997 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara, ” ujar Kasat seraya menyebutkan, tersangka saat ini mendekam di RTP Mapolres Tapsel. (ben)

READ MORE

STOP-HIV-AIDS

Belum Ada Komentar

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.