Home » Tabagsel » Proyek Pembangunan Jalan Simaninggir-Simardona Tapsel Terkesan Mubazir

Proyek Pembangunan Jalan Simaninggir-Simardona Tapsel Terkesan Mubazir

P.Sidimpuan, (Analisa)

Proyek pembangunan jalan yang menghubungkan  Desa Simaninggir Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) dengan  Desa Simardona Kecamatan Batang Onang, Kabupaten Padanglawas Utara bernilai Rp 1,2 miliar terkesan mubazir.

terbengkalai Proyek Pembangunan Jalan Simaninggir Simardona Tapsel Terkesan MubazirPasalnya, hingga kini kondisi badan jalan sudah mulai ditutupi rumput-rumput liar dan semakin rusak, karena tidak ada perawatan.
Salah seorang warga Zainal Abidin kepada wartawan Rabu (10/6) mengatakan, pembukaan jalan itu sudah membuat warga sangat merasa senang, karena warga dapat lebih mudah untuk menjual hasil dari perkebunannya.

Selain itu, pembukaan jalan itu juga mengakibatkan hubungan persaudaraan mereka di Desa Simardona sudah menjadi erat kembali. Saat ini warga yang berada di dua desa itu sangat menunggu kapan pemerintah mulai membangun jalan itu kembali.

Namun hukum berbicara lain, BKSDH, dan sejumlah lembaga swadaya masyarakat, bersama Dinas Kehutanan Kab Tapsel, nekat menutup pembangunan jalan itu.

Berdasarkan data dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kab Tapsel, panjang jalan yang akan dibangun 4 kilo meter, namun pada kenyataannya, jalan yang dibuka lebih kurang 8 kilo meter.

Pembukaan jalan itu ternyata sudah dianggap merusak lingkungan, karena jalan sepanjang 8 kilo meter yang dibangun tersebut, melintasi hutan Suaka Margasatwa Barumun, Hutan Lindung, dan Hutan Register 7.

Kecewa

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Arwin Siregar ketika konfirmasi wartawan mengenai hal itu  mengaku sangat kecewa terhadap tindakan masyarakat yang nekat menghalangi-halangi pembangunan jalan yang menghubungkan dua desa itu.
Menurutnya, pembukaan jalan itu hanya untuk kepentingan masyarakat yang berada di desa itu.

“Sebelum dibangunnya jalan itu, untuk menuju Desa Simardona yang berada di Kab Paluta, harus menempuh lebih kurang tiga jam perjalan, karena harus memutar lewat Aek Godang, Tapsel, dengan dibangunnya jalan di desa Simaninggir, menuju Simardona, maka jarak tempuh antara dua desa tidak lebih satu jam perjalanan,”ujarnya.

Untuk diketahui, saat ini permasalahan pembukaan jalan Simaninggir-Simardona sudah dalam diproses secara hukum.
Meski belum ada kejelasan dari pihak penyidik sampai saat ini, namun DPRD Kab Tapanuli Selatan, sudah membentuk Panitia Khusus (pansus), untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Menurut rencana, DPRD Kab Tapanuli Selatan akan membahasnya ditingkat pimpinan DPRD.
Wakil Ketua DPRD Kab Tapanuli Selatan, Abdurrasyid Lubis, DPRD berjanji akan mengambil langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan ini, termasuk diantaranya, membentuk pansus dan membawa kasus ini ke tingkat pimpinan yang ada di DPRD Kab Tapanuli Selatan. Selanjutnya, DPRD Kab Tapanuli Selatan, akan mengambil sebuah kebijakan untuk pencapaian solusi dari pembukaan jalan tersebut.

Rasyid juga mengaku telah banyak mendapatkan laporan-laporan keberatan dari masyarakat yang peduli terhadap lingkungan. Mereka menganggap pembukaan jalan Simaninggir-Simardona, sudah merusak lingkungan yang berada dikawasan tersebut, walaupun, dampak pembukaan jalan itu sangat menbantu masyarakat untuk peningkatan ekonomi warga yang berada di dua desa itu,

“Kita hanya berbicara hukum, secara hukum, DPRD Kab Tapanuli Selatan, sudah banyak mendapatkan protes dari masyarakat tentang pembukaan jalan tersebut,” ujarnya. (hih/sah)

REDAKSI, PENGIRIMAN BERITA dan INFORMASI PEMASANGAN IKLAN
HUBUNGI: apakabarsidimpuan@gmail.com.com

READ MORE

STOP-HIV-AIDS

Bergabung Dengan 6,147 komentator di Apakabarsidimpuan

  1. TANGKAP TALONAN NAI…

  2. Karna warga butuh ketenangan.

2 Komentar

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.