Home » Tabagsel » Aspirasi Sumteng Disampaikan ke Gubsu

Aspirasi Sumteng Disampaikan ke Gubsu

Sabtu, 17 Oktober 2009 (www.metrosiantar.com)

SIDIMPUAN-METRO; Gerakan pemuda Ansor, Kabupaten Tapanuli Selatan akan menyampaikan aspirasi pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara, kepada Gubernur Sumatera Utara, H Syamsul Arifin, dalam konfrensi cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia atau PMII Sumut di Medan, Jumat (16/10) hingga Minggu (18/10) mendatang.

“Konfercab ini akan dihadiri sesama badan-badan otonom Nahdlatul Ulama (NU), badan otonom NU, yaitu GP Ansor, PMII, IPPNU, IPNU, Fatayat NU,” kata ketua GP Ansor Tapsel, Ir Edi Potan Siregar, melalui Sekretaris Umum (Sekum), Hasanuddin Sipahutar.

Hasanuddin mengatakan, GP Ansor Tapsel yang berangkat ke Medan, yakni Ketua GP Ansor Tapsel, Ir Edi Potan Siregar, Timbul Halomoan Lubis dan Ketua Demisioner GP Ansor Tapsel, HR Ranto Siregar Sag. Mereka akan mengusung misi menyampaikan aspirasi tentang pembentukan Provinsi Sumteng yang terdiri dari kabupaten/kota di Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) sekitarnya.

“Atau memekarkan diri dari Provinsi Sumut menjadi satu provinsi baru kepada Gubsu Syamsul Arifin. Sebab, pembentukan Provinsi Sumteng sangat ideal mengingat potensi di Tabagsel sekitarnya sangat memungkinkan dan mendukung untuk pembentukan provinsi baru selain tentunya dari segi luas wilayah dan penduduk,” terangnya.

Dikatakannya, daerah Tabagsel terkenal akan kekayaan alam, perkebunan, pariwisata, pertanian, pertambangan dan bisa menjadi pusat bisnis yang mana tentunya semua ini bisa menjadi sektor pendapatan asli untuk daerah masing-masing dan tentunya akan menjadi penopang utama jika dibentuknya sebuah provinsi baru.

Hasanuddin juga menyatakan, dalam konfercab PMII Sumut tersebut akan dihadiri oleh beberapa tokoh nasional, sehingga jika nantinya aspirasi ini disampaikan dalam kesempatan tersebut maka gaungnya akan cepat diketahui oleh para tokoh nasional yang mendukung dan memperjuangkan pembentukan provinsi baru di wilayah Tabagsel sekitarnya.

“Jadi sangat tepat jika melakukan ekspos mengenai wacana pemekaran atau pembentukan provinsi baru di wilayah Tabagsel ini, agar diketahui secara luas oleh para tokoh-tokoh nasional dan daerah di Sumut untuk kita perjuangkan secara bersama-sama,” pungkasnya. (phn)

READ MORE

STOP-HIV-AIDS

Bergabung Dengan 6,152 komentator di Apakabarsidimpuan

  1. Sebagai putra asli Tapanuli Selatan yang tinggal di perantauan,saya sependapat dengan ide para tokoh Tapanuli Selatan dan sekitarnya untuk rencana pemekaran provinsi tersebut.Kalau ditinjau dari SDM dan SDA,saya kira sangat memungkinkan.Kalau ditinjau dari segi kulturpun sangat sesuai dimana masyarakatnya mempunyai kedekatan kultur.Kalau ada Kabupaten lain yang akan ikut bergabung ke Provinsi Sumatera Tenggara,misalnya Kabupaten Labuhan Batu Selatan,saya kira juga beralasan disamping letak geografis yang dekat dengan Padangsidimpuan jika dibandingkan dengan Medan juga punya kultur yang lebih kurang sama.Kami hanya dapat mendoakan.Semoga terkabul.Amin

1 Komentar

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.