Home » Tabagsel » DI DESA BULU PAYUNG SIPIROK – Sumber Air Bersih Ternoda

DI DESA BULU PAYUNG SIPIROK – Sumber Air Bersih Ternoda

Saturday, 24 October 2009 09:25 – www.harian-global.com

water DI DESA BULU PAYUNG SIPIROK Sumber Air Bersih Ternoda

INGAT AIR ADALAH UNTUK KEHIDUPAN

Sumber air bersih di Desa Bulu Payung, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), keruh. Diduga terkontaminasi lumpur dari pembukaan jalan di Aek Latong. Kondisi itu sudah berlangsung seminggu.

Kini 120 kepala keluarga mengalami krisis air bersih untuk kebutuhan mandi, mencuci bahkan untuk kebutuhan minum. Soalnya, di simber air bersih itu satu-satunya yang ada di perkampungan mereka.

Kepala Desa Bulu Payung, Ranto Ependi Simanjuntak didampingi beberapa warga desa, Jumat kemarin pada Global mengatakan, keberadaan sumber air bersih itu melalui pipanisasi yang dialirkan dari saluran Aek Batu Jomba dengan panjang sekitar 1.000 meter.

Mereka menambahkan, kemungkinan besar penyebab sarana air mereka terkontaminasi lumpur akibat adanya pembukaan jalur alternatif Aek Latong dihulu. “Saluran air yang dipipakan menuju desa kami awalnya berasal dari lokasi terbut,” kata sejumlah warga bersama perangkat pedesaan.

Diungkapkan, air bersih yang selama ini digunakan warga untuk kebutuhan sehari- hari berubah warna menjadi hitam bercampur lumpur. Warga yang resah mencoba berkoordinasi denganpimpinan proyek pembukaan jalan baru tersebut, namun belum bertemu.

PT Adi Karya, pelaksana  proyek pembukaan jalan alternatif Aek Latong ketika dihubungi Global  di sekretariat Desa Silangge Kecamatan Sipirok mengatakan, akan memastikan kebenarannya keresahan warga tentang perubahan warna air bersih yang menjadi hitam bercampur lumpur.

Jika benar, pihaknya akan berupaya mencarikan solusi terbaik. “Kita akan segera melihat kondisinya, apakah memang benar benar diakibatkan proses pembukaan jalan tersebut, jika memang benar tentu kita akan berupaya mencarikan solusi dalam menanganinya,” kata Edi salah seorang staf PT Adi Karya.

READ MORE

STOP-HIV-AIDS

Belum Ada Komentar

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.