Home » Tabagsel » Petugas Kesehatan Harus Berikan Pelayanan Terbaik

Petugas Kesehatan Harus Berikan Pelayanan Terbaik

Sabtu, 14 November 2009 – www.metrosiantar.com

SIDIMPUAN-METRO; Pertumbuhan penduduk yang besar disertai dengan kualitas hidup masih rendah adalah tantangan berat yang dihadapi bangsa Indonesia. Untuk itu para petugas kesehatan harus memberikan pelayanan terbaik sehingga kualitas bangsa bisa meningkat.

Hal ini disampaikan Bupati Tapsel Ongku P Hasibuan dalam kata sambutannya diwakili Sekdakab Tapsel, Affan Siregar SE, dalam seminar sehari tentang manajemen konseling kontrasepsi, di gedung Nasional, Padangsidimpuan, Kamis (12/11).

Dilanjutkan Affan, hal tersebut disebabkan berbagai persoalan yang terjadi di dalam masyarakat, di antaranya masih tingginya penduduk miskin, tingginya angka kematian ibu dan bayi, rendahnya tingkat dan kualitas pendidikan, merebaknya berbagai penyakit menular, sering terjadinya bencana alam akibat kerusakan lingkungan hidup, serta makin merosotnya moral dan etika bangsa secara keseluruhan.

“Untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada, seluruh komponen masyarakat baik itu pemerintah , tokoh agama, tokoh masyarakat, akademis dan para medis termasuk di dalamnya ibu-ibu bidan haruslah lebih berperan secara aktif, agar kita mampu menjawab seluruh permasalahan tersebut,” ungkap Sekda, di hadapan perwakilan PT Andalan dan Dr Musbar SpOG, serta ratusan para bidan se-Tapsel.

Bidan, terang Sekda, merupakan bagian dari tenaga para medis memiliki posisi penting dan strategis terutama dalam penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan angka kesakitan dan begitu juga kematian bayi (AKB).

Bidan juga haruslah memberikan pelayanan kebidanan yang berkesinambungan dan paripurna, berfokus pada aspek pencegahan, promosi dengan berlandaskan kemitraan dan pemberdayaan masyarakat.

Lebih lanjut sekda menyampaikan, pelayanan kebidanan yang berkesinambungan haruslah dilakukan sebagai langkah preventif termasuk di dalamnya dengan melakukan konseling.

Konseling adalah proses komunikasi antara seseorang (Konselor) dengan orang lain dengan memberikan imformasi yang obyektif dan lengkap serta dilakukan secara sistematik.

Tujuannya, untuk membantu seseorang mengenali kondisinya saat ini, masalah yang sedang dihadapi dan menentukan jalan keluar atau upaya untuk mengatasi masalah tersebut. (mag-01)

REDAKSI, PENGIRIMAN BERITA dan INFORMASI PEMASANGAN IKLAN
HUBUNGI: apakabarsidimpuan@gmail.com.com

READ MORE

STOP-HIV-AIDS

Belum Ada Komentar

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.