Home » Tabagsel » Sejumlah Kandidat Bupati Tapsel Mulai Hangat Diperbincangkan Masyarakat

Sejumlah Kandidat Bupati Tapsel Mulai Hangat Diperbincangkan Masyarakat

Padangsidimpuan (SIB) – www.hariansib.com
pilkada2 Sejumlah Kandidat Bupati Tapsel Mulai Hangat Diperbincangkan MasyarakatJelang Pilkada Kabupaten Tapsel yang rencananya akan digelar 2010 mendatang, sejumlah kandidat siap mencalonkan diri menjadi Bupati/Wakil Bupati Tapsel, dan diprediksi terjadi persaingan ketat dalam Pilkada mendatang karena figur-figur yang bakal tampil memiliki massa pendukung yang fanatik dan loyal.  Selain Ir H Ongku P Hasibuan (incumbent) yang akan mencalonkan diri kembali beberapa nama mulai muncul di masyarakat seperti M.Abdu Elief Ritonga sebutan E’EL (artis), bahkan Sekdakab Affan Siregar juga dijagokan untuk maju dalam Pilkada mendatang.  Menurut Pasaribu pemerhati Tapsel, peta kekuatan politik dari sejumlah kandidat yang bersaing dapat dipetakan atas 3 kelompok yaitu teknokrat, birokrat dan artis, sedang dari kalangan politisi disebut-sebut Sahrul M Pasaribu (anggota DPRD-SU) kendati dielu-elukan sejumlah elemen dan kalangan, namun masih “malu-malu” mengatakan ikut nimbrung bertarung dalam pentas demokrasi yang direncanakan April 2010 mendatang.  Dikatakan Pasaribu, sebagai kuda hitam adalah figur Affan Siregar, karena orangnya dikenal low profile, kredibel, jujur, rendah diri dan merakyat. “Peluang yang dimiliknya cukup besar, karena memiliki basis suara yang jelas di sejumlah kecamatan seperti Kecamatan Batangtoru, Batang Angkola, Sipirok dan Angkola Barat.

Demikian pula halnya dengan E’eL Ritonga diprediksi akan mampu menarik simpati kalangan muda dan aktivis. Masyarakat akan memberikan dukungan kepada kandidat Bupati yang merakyat dan tidak suka obral janji.  Buka Penjaringan DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Tapsel membuka penjaringan bakal calon (balon) Bupati Tapsel yang akan diusung pada Pilkada Bupati/Wakil Bupati Tapsel 2010 mendatang. Hal itu dikatakan Ketua DPC PDIP Tapsel Isrok Ansari didampingi Sekretaris Masbulan dan pengurus harian dalam konfrensi pers di Sekretariat DPC PDIP Jalan Mawar Padangsidimpuan, Jumat (13/11).  Dikatakan, dibukanya penjaringan berdasar SK DPP PDI Perjuangan No.424/KPTS/DPP/X/2009 tertanggal 12 Oktober 2009 tentang penyempurnaan petunjuk pelaksanaan pemilihan calon Bupati dan Wakil Bupati.

Tekhnis penjaringan yaitu pendaftaran bakal calon, verifikasi berkas calon mulai dari administrasi hingga idiologi. Setelah dinyatakan lengkap, berkas para calon ini dibawa ke Rakercabsus dengan peserta para Ketua dan Sekretaris Ranting dan Kecamatan serta seluruh pengurus DPC dengan tujuan pembobotan dimana para bakal balon akan ditantang untuk menyampaikan visi misinya.  Isrok mengatakan, penjaringan merupakan garis konstitusi yang digariskan partai dan merupakan mekanisme yang harus didahului, sebelum menentukan calon yang bakal diusung PDIP pada Pilkada langsung Kabupaten Tapsel mendatang. Tim penjaringan terdiri dari lima orang pengurus DPC, sedang untuk tim verifikasi terdiri dari tiga penguji tiga dari DPC dan dua orang penguji mewakili DPD Provinsi.  Hingga Jumat (13/11) baru 2 calon yang mendaftarkan diri, satu calon lengkap dengan pasangannya namun satu lagi hanya tunggal. (T-8/T-9)

174.665 orang pemilih potensial pilkada Tapsel 2010

Warta – Sumut
WASPADA ONLINE

P.SIDIMPUAN – Kantor Catatan Sipil dan Kependudukan mencatat 174.665 orang warga yang potensial untuk turut memilih dan menggunakan hak suaranya pada pemilihan kepala daerah (pilkada) kabupaten Tapanuli Selatan Mei 2010 nanti.

“Data itu berdasarkan rekapitulasi daftar penduduk potensial pemilih pilkada (DP4) yang diserahkan Pemkab Tapsel kepada kita,” kata ketua KPUD Tapsel, Mustar Edi Hutasuhut, tadi malam.

Berdasarkan data di 12 kecamatan se-Tapsel, jumlah pemilih potensial terbanyak ada di kecamatan Angkola Barat 27.095 orang, dengan rincian 13.459 laki-laki dan13.636 perempuan.

Paling sedikit jumlah pemilih potensialnya kecamatan Aek Bilah 4.505 dengan rincian 2.334 laki-laki dan 2.171 perempuan. Daerah paling ujung dan tertinggal di Tapsel itu memiliki penduduk paling sedikit dibanding kecamatan lainnya, 7.209 jiwa.

Pemilih potensial terbanyak berikutnya, kecamatan Sayurmatinggi 24.822 orang, kecamatan Batang Angkola 22.711, Sipirok 21.769, Batang Toru 19.042, Angkola Selatan 15.813, Angkola Timur 11.466, Saipar Dolok Hole 8.486, Muara Batang Toru 7.099, Marancar 6.029, dan Arse 5.828.

PostLink: http://apakabarsidimpuan.com/2009/11/sejumlah-kandidat-bupati-tapsel-mulai-hangat-diperbincangkan-masyarakat/

REDAKSI, PENGIRIMAN BERITA dan INFORMASI PEMASANGAN IKLAN
HUBUNGI: apakabarsidimpuan@gmail.com.com

READ MORE

STOP-HIV-AIDS

Bergabung Dengan 6,147 komentator di Apakabarsidimpuan

  1. Masyarakat semakin Pintar dan semakin tidak percaya dengan pemerintahan hal ini ini akibat sering kebanyakan janji politik yang tidak dibisa dibedakan masyarakat mana Janji Politik mana janji benaran?

    Sebaiknya Masyarakat berbicara saat ini dengan semboyan “Bukan janji yang dibutuhkan tapi Bukti yang diperlukan”. Istilah bahasa ekonomi DP dulu baru kirim barang hea.ha.a.a. jadi udah saatnya masyarakat bikin kontrak dengan calon2 yang mau jadi Bupate/Wklnya he.a.a.a.a

  2. hohohoho mana ene calon bupati ato wakil yang kompeten.. Kok semua calon cuma juago kandang doang?

2 Komentar

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.