Home » Tabagsel » 34 Gereja di Palas Rayakan Natal Oikumene

34 Gereja di Palas Rayakan Natal Oikumene

oikumene 34 Gereja di Palas Rayakan Natal Oikumene

NATAL OIKUMENE

Senin, 07 Desember 2009

PALAS-METRO; Sebanyak 34 gereja di Kabupaten Padang Lawas merayakan Natal Oikumene, Sabtu (5/12) lalu. Perayaan Natal yang baru pertama kali digelar di Kabupaten Palas ini, dipusatkan di Gereja HKBP Padang Rumbao, Kecamatan Sosa.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua DPRD Palas, Amar Makruf Lubis SE, dalam sambutannya mengatakan, perayaan Natal Oikumene baru pertama kali ini diadakan di Palas, setelah Kabupaten Palas terbentuk. Sehingga masih banyak kekurangan, maka jadikan pengalaman hari ini sebagai pembelajaran di masa yang akan datang menuju Palas yang bercahaya.

“Mari sama-sama mewujudkan Palas yang adil, damai, dan sejahtera. Kepada pemerintah kami mengharapkan untuk segera membentuk Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) sesuai dengan Peraturan bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 tahun 2006 dan Nomor 8 tahun 2006. Tujuannya, agar kerukunan beragama tetap terjaga dan saling menghormati sesama ummat beragama, sebagai mahluk Tuhan pencipta alam semesta,” ujar Amar.

Sementara itu, Bupati Palas yang diwakili Asisten II, Drs H Gusnar Hasibuan menyampaikan, sejalan dengan pemekaran Kabupaten Palas sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 38 tahun 2007 maka pemerintah berkewajiban untuk melakukan pembenahan terutama dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM), peningkatan iman sesuai dengan ajaran agama masing-masing.

“Dengan perayaan Natal Oikumene diharapkan dapat meningkatkan tali persaudaraan antara sesama umat Kristiani dengan ummat lainnya, dan yang lebih penting kita harus berbuat baik kepada siapapun, membina keluarga yang rukun dan damai, menciptakan masyarakat yang harmonis, mematuhi peraturan yang berlaku, itulah makna Natal yang sebenarnya,” ujar Gusnar.

Ketua Pelaksana Natal Oikumene, Kapten (purn) A Hutasoit, didampingi Ketua I, Paima Siahaan menjelaskan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk menjalin hubungan yang baik antara ummat beragama serta menciptakan kebutuhan yang harmonis di tengah-tengah masyarakat. Baik dia para ulama, rohaniawan, cerdik pandai, hatobangon, tokoh adat dan pemuda demi mewujudkan Palas yang bercahaya sesuai tema ‘Tuhan Itu Baik Kepada Semua Orang’.

Hadir dalam acara tersebut, Asisten II Pemkab Palas, Drs H Gusnar Hasibuan, Wakil Ketua I DPRD Palas, H Syahwil Nasution, Wakil Ketua II DPRD, Ammar Makruf Lubi, Ketua Fraksi PDI-P, Idham Hasibuan, Camat Sosa, Alimin Daulay dan Sekcam, Kapolsek Sosa, AKP M Basyir, Danramil 09 Sosa, Kapten Inf Triswanto, Kacabjari Sibuhuan, Kifli Ramadhan SH, Ketua Badan Kerjasama Antar Gereja (BKAG) Palas, Pdt Tumpak Gultom, Preses HKBP Distrik Sumbar Riau, Pdt R Sinaga MTh dan ribuan undangan lainnya. (amr)

REDAKSI, PENGIRIMAN BERITA dan INFORMASI PEMASANGAN IKLAN
HUBUNGI: apakabarsidimpuan@gmail.com.com

READ MORE

STOP-HIV-AIDS

Belum Ada Komentar

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.