Home » Tabagsel » Tantom Angkola Layak jadi Kecamatan

Tantom Angkola Layak jadi Kecamatan

Jumat, 18 Desember 2009

TAPSEL-METRO; Tano Tombangan (Tantom) yang merupakan bagian dari Kabupaten Tapanuli Selatan dan masih berada dalam wilayah Kecamatan Sayur Matinggi layak dimekarkan menjadi satu kecamatan baru. Karena sejak berdiri tahun 1918 silam, kini Tantom memiliki 16.000 jiwa penduduk yang terdiri dari 16 desa dan 1 kelurahan.

Berdasarkan letak teritorial, jumlah penduduk bahkan sumber penghasilan dari wilayah tersebut cukup menjajnjikan menjadi kecamatan baru dan memisahkan diri dari Kecamatan Sayur Matinggi.

Demikian disampaikan Karnen Panggabean (43), anggota DPRD Tapsel di sela sela sosialisasi guna menerima masukan dari nara sumber tentang 8 Ranperda di TSN Hotel Sipirok sebelum memasuki masa pembahasan di tingkat dewan, Rabu (16/12).

‘’Berdasarkan luas wilayah, jumlah penduduk, sumber penghasilan, jumlah desa, Tano Tombangan sangat potensial menjadi kecamatan baru,” katanya.

Sesuai dengan pelaksanaan sosialisasi guna menerima masukan 8 dari berbagai pihak tentang 8 ranperda di TSN Hotel yang dihadiri pihak eksekutif, tokoh adat, dan pihak akademis untuk memberikan masukan bagi anggota DPRD membawa ranperda dalam musyawarah nantinya. Di mana salah satu ranperda tersebut adalah pembentukan kecamatan Tanto Angkola. Dan sebagai putra daerah Tamtom (Desa Lumban Ratus), politisi PDIP tersebut akan berupaya merealisasikannya.

“Sebagai putra setempat kita sangat setuju dengan rencana pemekaran tersebut. Memang sejak 2005 lalu pembangunan di wilayah tersebut sangat nyata mengingat sebelumnnya jarang mendapat perhatian. Ini suatu hal yang cukup positif,” ujarnya.

Dikatakan, wilayah Tano Tombangan (tanah bukaan yang ditempati) yang terhempang memanjang mulai dari Desa Aek Uccim hingga Desa Simaninggir cukup potensial menjadi satu wilayah Kecamatan.(ran)

READ MORE

STOP-HIV-AIDS

Bergabung Dengan 6,152 komentator di Apakabarsidimpuan

  1. Semoga dengan mekarnya TanTom menjadi kecematan sendiri, pembangunan fisik (minimal jalan raya) dapat terealisasi dengan baik. Selama ini sudah tidak asing lagi lobang-lobang besar menga-nga di jalan menuju tanTom…..! Smoga TanTom semakin maju……! Mari kita awasi dan kita kawal pembangunan di TanTom!!!

  2. sampaikan salamku buat pemerintahan yg baru untuk kec. tantom angkola, pesannya jangan coba-coba untuk korupsi. buat DPRD tapsel khususnya yg adadi kec. ini jujurlah, jauhkan korupsimu, kalo udah terlanjurkembalikan doong

  3. km berharap pembangunan di tantom di percepat pemeritah daerah ,biar tantom layak di katakan kecamatan,,,salam dr medan,,,,

3 Komentar

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.