Home » Tabagsel » Hasil try out siswa di Palas masih rendah

Hasil try out siswa di Palas masih rendah

ujian Hasil try out siswa di Palas masih rendah

Hasil try out siswa di Palas masih rendah

WASPADA ONLINE

SIBUHUAN – Hasil try out pra-Ujan Nasional (UN) tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA sederajat di Padanglawas, memperlihatkan tingkat kemampuan dan kelulusannya masih rendah jika disesuaikan dengan nilai standar kelulusan UN.

Ketua Himpas, Abdul Rahman Daulay, selaku panitia penyelenggara, tadi malam, menjelaskan, persentase kelulusan hasil try out tingkat SD 8,6 persen dari 5.484 peserta, tingkat SMP 6,1 persen dari 1.264 peserta, sedangkan tingkat SMA termasuk SMK hanya 2,1 persen tingkat kelulusannya dari 1.410 peserta.

Menurut panitia, dari hasil persentase kelulusan tingkat kesulitan siswa termasuk dalam menjawab soal, seperti pada bidang studi Matematika baik untuk tingkat SD, SMP maupun SMA.

“Hasil persentase tersebut secara umum dari rata-rata nilai try out, pasca dilakukan pemeriksaan terhadap LJK dengan sistem komputerisasi oleh Bites Adzkia, di depan seluruh peserta UN dan para guru di kecamatan dan rayon masing-masing. Selain memberikan peringkat hasil try out setiap kecamatan se-Palas, agar setiap sekolah dapat mengetahui kemampuan siswa masing-masing,’’katanya.

Tahun ini standar nilai kelulusan siswa dalam UN nanti, untuk tingkat SD 4,00, tingkat SMP 5,50 sedangkan tingkat SMA 5,50. Sehingga dari hasil try out pra UN masih banyak yang belum mencapai standar nilai kelulusan, bila dibandingkan dari hasil try out yang dilaksanakan baru-baru ini.

Sementara, soal-soal yang diujikan masih merupakan prediksi soal UN, tetapi sesuai pengalaman tahun lalu, prediksi soal UN yang ditry out tidak jauh beda dengan soal yang akan diujikan pada UN nanti, terangnya.

Kadis Dikbudpora, Ali Irpan Hasibuan, mengatakan, hasil try out itu masih belum final. Tetapi hal itu harus menjadi motivasi bagi para guru bidang studi di Palas, dan lebih aktif serta concern dalam meningkatkan mutu pendidikan siswa, khususnya mata pelajaran yang di UN kan .

‘’Saya sudah instruksikan kepada seluruh Kasek mulai tingkat SD, SMP dan SMA agar dalam menghadapi UN nanti supaya lebih giat lagi, termasuk dengan memberikan bimbingan terhadap siswa khususnya peserta UN yang waktu pelaksanaannya pertengahan Maret,’’ katanya.
(dat04/wsp)

READ MORE

STOP-HIV-AIDS

Belum Ada Komentar

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.