Home » Tabagsel » Pemkab Palas belum ada kemauan berbenah

Pemkab Palas belum ada kemauan berbenah

Berbenah Diri Pemkab Palas belum ada kemauan berbenah

Bebenah lah...!

WASPADA ONLINE

SIBUHUAN – Sejumlah elemen masyarakat menilai, Pemerintah Kabupaten Padanglawas hingga akhir tahun 2009 belum menunjukkan perubahan sebagaimana harapan rakyat, bahkan terkesan belum punya kemauan melakukan pembenahan.

“Setahun sudah Pemerintahan Kabupaten Padang Lawas berlalu, tetapi masih jalan di tempat. Permasalahan rakyat saja masih banyak yang terpendam. Kedepan kita juga tidak akan lega bila persoalan tahun lalu dibiarkan terus berlarut-larut dan tidak tuntas,” ketua umum Gerakan Mahasiswa Padang Lawas (Gema Padang Lawas), Ansor Harahap, tadi malam.

Dikatakan, sejumlah persoalan yang muncul belum bisa diselesaikan. Hal itu akan menjadi catatan buruk dalam perjalanan kepemimpinan bupati, Basyrah Lubis, dan wakil bupati, Ali Sutan Harahap.

Diantaranya, termasuk masalah sengketa rakyat dengan perusahaan yang beroperasi di daerah ini, makin maraknya illegal logging dengan berbagai modus dan terkesan berlindung di balik kekuasaan, terjadinya jalan longsor bahkan sampai menimbulkan arus transportasi putus total.

Belum lagi dampak negatif mutasi jabatan yang tidak proporsional, pelayanan publik yang belum optimal, serta tata ruang kabupaten dan letak perkantoran pemerintahan yang hingga saat ini belum jelas, belum ada kepastian.

Selain kondisi kesemrautan sentral Pasar Sibuhuan, katanya, juga terjadi kelangkaan pupuk untuk petani. Malah persoalan yang lebih fatal sampai sekarang belum diparipurnakannya Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) untuk Tahun Anggaran 2010.

“Kita bisa lihat seberapa jauh kemampuan dan kemauan Pemerintah Kabupaten Padanglawas menyelesaikan masalah rakyat. Secara kasat mata masalah serius yang terjadi sepanjang tahun 2009 belum dapat dituntaskan pemerintah, ini membuktikan kinerja pemerintah cukup memprihatinkan,” katanya.

Hal ini menunjukkan belum adanya kemauan politik yang kuat bagi pemerintahan Padanglawas. Disamping untuk melakukan pembenahan dan perubahan bagi kemajuan daerah Padanglawas. Rendahnya sumber daya aparatur pemkab mulai dari bawah, pimpinan SKPD, sampai kapasitas pejabat utama yang lemah.
(dat04/wsp)

READ MORE

STOP-HIV-AIDS

Belum Ada Komentar

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.