Home » Tabagsel » Seputar Pembatalan Kepala Tukang Pembangunan gedung SDN Nomor 200501 Salambue, Kec. P.sidimpuan Tenggara

Seputar Pembatalan Kepala Tukang Pembangunan gedung SDN Nomor 200501 Salambue, Kec. P.sidimpuan Tenggara

Selasa, 12 Januari 2010 – www.metrosiantar.com

tanda tanya Seputar Pembatalan Kepala Tukang Pembangunan gedung SDN Nomor 200501 Salambue, Kec. P.sidimpuan TenggaraSDN Salambue Gugatan harus Diajukan ke PTUN
SIDIMPUAN-METRO; Gugatan atas pengalihan kepala tukang pelaksanaan pekerjaan rehabilitasi atau pembangunan gedung SDN Nomor 200501 Salambue, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, oleh Abdul Latif Lubis SE bersama kuasa hukumnya ke Pengadilan Negeri (PN) Psp dengan tergugat I, Kepala Dinas Pendidikan Psp, Drs Panongonan Hasibuan dan tergugat II, Kasek SDN 2005010 Anni Rupaedah Tambunan SPdI, dinilai kurang pas, seharusnya gugatan diajukan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN)

Hal ini disampaikan kuasa hukum tergugat I dan II, Irsan Harahap SH kepada METRO menanggapi gugatan tersebut kepada METRO, Senin (11/1).

Dijelaskan Irsan, dalam pelaksanaan pembangunan gedung SDN tersebut yang bersumber Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan Tahun Anggaran (TA) 2009 sebesar Rp217.800.000 atau dana negara, Kasek sebagai penanggungjawab pengelola DAK memiliki kewenangan absolut atau mutlak dalam pengelolaannya.

Kasek melaksanakan pekerjaan tersebut berdasarkan Permendiknas RI Nomor 3 tahun 2009 tentang Petunjuk Tekhnis (Juknis) pelaksanaan DAK bidang pendidikan TA 2009 dalam artian Kasek bekerja dalam rangka penyelenggaraan negara.

Diterangkan Irsan, kalaulah ada perbuatan melawan hukum yang dilakukan kliennya sesuai isi gugatan penggugat, gugatannya bukan ke PN Psp sebagai pengadilan umum, karena apa yang dilakukan para kliennya dalam rangka penyelengaraan negara dan subtansi objek perkaranya menyangkut penyelenggaraan negara dan bukan pribadi.

“Pembatalan Surat Penghunjukan Kepala Tukang (SPKT) oleh klien saya kepada penggugat harus diuji dulu terhadap Permendiknas, apakah masuk kategori wanprestasi dan menyalahi aturan. Karena Kasek memiliki wewenang mutlak dalam pelaksanaan pembangunan tersebut, dan itu ke PTUN, bukan ke PN sebagai pengadilan umum, karena klien saya bekerja dalam rangka penyelenggaraan negara dan demi terselanggaranya program pembangunan pemerintah,” terang Irsan.

Dirinya berpendapat demikian kalau gugatan secara yuridis tepatnya di PTUN, pertama, kalau kliennya digugat sebagai tergugat I dan II dalam rangka penyelenggaraan negara yaitu dengan jabatan Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Sekolah dan alamat tergugat adalah Kantor Disdik dan SDN, dan bukan pribadi. Kemudian, soal sita jaminan sesuai isi gugatan, diungkapkannya, kalau pemahamannya adalah sita jaminan terhadap objek persoalan yaitu pelaksanaan pembangunan SDN Salambue sumber dana DAK yang merupakan milik pemerintah.

“Dan ini juga yang menguatkan kalau gugatan tersebut tidak pas ke PN, tapi harus diuji dulu yaitu ke PTUN sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 5 tahun 1986 Jo UU Nomor 9 tahun 2004 tentang PTUN,” tegas Irsan.

Tentunya, dengan telah masuknya gugatan perkara tersebut ke PN Psp dengan nomor register 39/Pdt.G/2009 tertanggal 15 Desember 2009 lalu, Irsan berharap pihak majelis hakim yang akan memimpin sidang nantinya lebih bijaksana menyikapi dan memberikan putusan seadil-adilnya atas perkara tersebut.

“Dari pemberitahuan pihak PN Psp, sidang perdana dimulai besok (hari ini Selasa 12/1, red),” ungkap Irsan mengakhiri.

Sementara, Selasa (115/12/2009) lalu, Ridwan Rangkuti SH MH dan Bandaharo Saifuddin Tanjung SH dari Law Office Ridwan Rangkuti SH MH & Associates selaku kuasa hukum Abdul Latif SE resmi mendaftarkan gugatan kliennya ke PN Psp terhadap Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Psp, Drs Panongonan Muda Hasibuan.

Abdul Latif SE melalui kuasa hukumnya Ridwan Rangkuti SH MH, Bandaharo Saifuddin Tanjung dari Law Office Ridwan Rangkuti SH MH & Associates menjelaskan adapun pokok gugatan terhadap Kadisdik Psp, Drs Panongonan Muda selaku tergugat I dan Kepala Sekolah SDN 200501 Salambue, Anni Rupaedah Tambunan selaku tergugat II diduga secara bersama-sama telah melakukan perbuatan di duga melawan hukum dengan cara membatalkan surat perjanjian kerja dan surat penghunjukan langsung kepala tukang atas nama kliennya Abdul Latif Lubis secara sepihak oleh tergugat II, Anni Rupaedah Tambunan di duga atas tekanan, intervensi dan pemaksanaan kehendak tergugat I.

Adapun alasan yuridis gugatan yang diajukan, tutur Ridwan Rangkuti adalah pasal 1320 jo 1338 KUH Perdata yang menegaskan bahwa perjanjian yang di buat sah oleh kedua belah pihak merupakan Undang-Undang bagi mereka yang membuatnya, sedangkan di dalam pasal 1385 KUH Perdata di sebutkan bahwa barang siapa yang menerbitkan kerugian bagi orang maka dia wajib mengganti kerugian tersebut.

“Mudah-mudahan gugatan ini akan menjadi pelajaran bagi pimpinan SKPD yang lain di Pemko Psp dan seluruh wilayah Tabagsel,” pungkasnya.

Gugatan ini sendiri dilakukan atas dasar dugaan perbuatan melawan hukum yang di duga telah di lakukan oleh Kasek SDN 200501 Sialambue, Anni Rupaedah Tambunan dengan cara membatalkan secara sepihak perjanjian kerja proyek rehabilitasi SDN 200501 Sialambue, Kecamatan Psp Tenggara yang di duga atas tekanan dan intervensi Kadisdik Psp dengan mengarahkan pekerjaan rehab sekolah tersebut kepada orang lain.

Dibeberkannya, berdasarkan surat perjanjian kerja nomor 800/026/2009 tanggal 20 Oktober 2009 dan surat penghujukan kepala tukang tanggal 20 Oktober yang di tandatangani Kasek dan komite sekolah serta Abdul Latif Lubis sebagai kliennya yang berhak mengerjakan rehab sekolah tersebut berdasarkan pelaksanaan rehab sekolah bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pendidikan di Kota Psp untuk SDN 200501 Salambue dengan dana Rp217.800.000. (neo)

READ MORE

STOP-HIV-AIDS

Belum Ada Komentar

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.