Home » Tabagsel » Terkait Anggaran Belum Jelas, Pemilukada Tapsel Terancam Tunda

Terkait Anggaran Belum Jelas, Pemilukada Tapsel Terancam Tunda

Kamis, 28 Januari 2010 – www.metrosiantar.com

pemilu Terkait Anggaran Belum Jelas, Pemilukada Tapsel Terancam Tunda

Terkait Anggaran Belum Jelas, Pemilukada Tapsel Terancam Tunda

TAPSEL-METRO; Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (PABD) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Tahun Anggaran (TA) 2010 yang tak kunjung disahkan dikhawatirkan dapat menunda Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Tapsel 12 Mei mendatang. Pasalnya, di APBD tersebut juga menampung anggaran Pemilukada Tapsel.

“Jika sampai masa pencalonan, anggaran pemilukada juga belum disahkan dalam APBD, dikhawatirkan pelaksanaan pemilukada bisa tertunda,” ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapsel, Mustar Edi Hutasuhut SH ketika dikonfirmasi METRO, Rabu (27/1) kemarin menyangkut isu yang berkembang kalau pemilukada Tapsel untuk periode 2010-2015 terancam tertunda karena anggarannya belum jelas.

Kemudian, ucap Mustar Edi, dikhawatirkan pemilukada juga terancam tertunda, meski APBD Tapsel nantinya disahkan, jika anggaran pemilukada yang ditetapkan tidak sesuai dengan yang diajukan KPU, yaitu sebesar Rp12,8 miliar. Awalnya KPU mengusulkan dana pemilukada untuk 2 putaran sebesar Rp13,8 miliar, dan setelah dibahas, jadi KPU mengusulkan kembali sebesar Rp12,8 miliar.

KPU menilai anggaran yang diajukan Rp12,8 miliar tersebut sudah cukup untuk 2 putaran, dan kalau kurang pihak KPU khawatir akan mengganggu penyelenggaraan pemilukada tahun ini.

“Penyelenggara pemilukada kan kami sebagai KPU, kalau kurang, bagaimana kami bisa menyelenggarakan pemilukada. Kami menilai Rp12,8 miliar yang kami ajukan itu adalah anggaran yang pas dan layak,” terangnya.

Kalau tetap dikurangi, pungkasnya, pihak KPU akan melihat dan berkoordinasi dulu dengan KPU Sumut dan Pusat.

Diungkapkannya, kondisi belum disahkannya APBD Tapsel dan belum disetujuinya anggaran pemilukada sesuai dengan yang diusulkan KPU sudah dikoordinasikan ke KPU Sumut dan Pusat. Di mana baik KPU Sumut dan Pusat menyarankan kalau APBD belum disahkan dan anggaran pemilukada juga belum jelas, pelaksaan pemilukada di Tapsel tidak usah dipaksakan. Bahkan sekitar dua minggu lalu, KPU Sumut sudah turun ke Tapsel untuk membahas kondisi tersebut. Pihaknya terus koordinasi ke KPU Sumut dan Pusat membahas hal tersebut.

Meski demikian, tuturnya, KPU tetap menunggu keputusan DPRD dan pengesahan APBD Tapsel hingga sebelum masa atau pencalonan dimulai.

Sementara itu Ketua Komisi I, Haris Yani Tambunan kepada METRO di halaman kantor DPRD Tapsel mengatakan, sesuai dengan hasil perhitungan yang sudah dilakukan, anggaran pemilukada paling besar Rp10 miliar dan paling rendah Rp8,5 miliar untuk dua putaran. “Kita perkirakan sudah ada titik temu untuk anggaran ini,” katanya.

Sekwan DPRD Tapsel, Roddani Hasibuan menambahkan, pengesahan APBD Tapsel TA 2010 diperkirakan akan disahkan pada Jumat (29/1) mendatang.

Untuk diketahui, masa pengambilan formulir dan pendaftaran balon Bupati dan Wakil Bupati yang berasal dari parpol atau gabungan parpol dan perseorangan tanggal 5-11 Pebruari 2010. (phn/neo)

REDAKSI, PENGIRIMAN BERITA dan INFORMASI PEMASANGAN IKLAN
HUBUNGI: apakabarsidimpuan@gmail.com.com

READ MORE

STOP-HIV-AIDS

Belum Ada Komentar

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.