Home » Tabagsel » 5.770 Siswa SMP Calon Peserta UN di Tapanuli Selatan

5.770 Siswa SMP Calon Peserta UN di Tapanuli Selatan

Selasa, 02 Pebruari 2010 – www.metrosiantar.com

ujian nasional 240408 5.770 Siswa SMP Calon Peserta UN di Tapanuli Selatan

5.770 Siswa SMP Calon Peserta UN di Tapanuli Selatan

TAPSEL-METRO; Sebanyak 5.770 siswa SMP dan MTs se-kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) sebagai calon peserta yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN) pada Senin, 29 Maret sampai 1 April mendatang. Sementara 6.210 siswa SD/sederajat akan mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) pada tanggal 4-6 Mei 2010 mendatang.

“Kita sudah mengajukan sebanyak 5.770 siswa SMP/ MTs dan 6.210 siswa SD/MI se-Kabupaten Tapsel untuk mengikuti UN/UASBN,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tapsel, Drs Marasaud Harahap melalui Kabid TK dan Pendidikan Dasar, Hj Masni Harahap SPd.

Adapun rincian calon peserta UN tahun ini yaitu untuk SMP diikuti 3.964 siswa dari 42 sekolah baik negeri maupun swasta dan untuk MTs 1.806 siswa dari 25 sekolah negeri dan swasta se-Kabupaten Tapsel.

Untuk mata pelajaran yang akan diujikan antara lain Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA. Dan untuk standar kelulusan UN tingkat SMP sederajat dinyatakan lulus bila memiliki rata-rata minimal 5,50 untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan dengan nilai nominal 4,00 untuk paling banyak 2 mata pelajaran, dan minimal 4,25 untuk mata pelajaran lainnya. Sementara untuk SMK nilai mata pelajaran praktik kejuruan minimal 7,00 dan akan digunakan untuk menghitung rata-rata UN.

Sedangkan bagi siswa yang tidak bisa hadir dengan alasan sakit atau halangan lainnya, harus dibuktikan oleh surat keterangan sakit dokter dari pihak yang berwenang. Para siswa bisa mengikuti ujian susulan yang dilaksanakan mulai tanggal 5-8 April. Begitu juga apabila tidak berhasil atau lulus dalam ujian utama dan susulan, maka siswa bisa mengikuti ujian ulangan yang direncanakan pada awal bulan Juni.

“Khusus untuk ujian ulangan ini bagi para siswa yang tidak berhasil atau lulus adalah merupakan keringanan, karena tahun-tahun sebelumnya ulangan tersebut tidak ada. Jadi baru kali ini diterapkan,” tuturnya.

Sementara untuk tingkat SD/MIN sederajatkan, rincinya diikuti oleh 6.210 siswa dari 279 sekolah baik negeri maupun swasta se-Kabupaten Tapsel. Bidang study yang diujikan antara lain Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA, sedangkan bagi yang berhalangan tetap bisa mengikuti ujian susulan pada tanggal 10-12 Mei.

“Kita harapkan kepada sekolah masing-masing agar memberikan les tambahan pada mata pelajaran yang di UN/UASBN-kan. Hal ini dimaksud agar para siswa mendapatkan pendalaman lebih fokus dalam mendalami pelajaran yang bersangkutan dengan UN yang diujikan walaupun memang di samping itu kita juga akan merencanakan akan mengadakan try out secara keseluruhan untuk siswa SMP dan SD,” tukasnya. (mag-01)

READ MORE

STOP-HIV-AIDS

Belum Ada Komentar

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.