Home » Tabagsel » Dugaan Perambahan Hutan di Paluta GRB Unjukrasa ke Mapolda Sumut

Dugaan Perambahan Hutan di Paluta GRB Unjukrasa ke Mapolda Sumut

Medan, (www.analisadaily.com)

f communitym 70c6a37 Dugaan Perambahan Hutan di Paluta GRB Unjukrasa ke Mapolda Sumut

SELAMATKAN HUTAN KITA

Puluhan massa dari Gerakan Rakyat Berjuang berunjukrasa ke Mapolda Sumut terkait dugaan perambahan hutan di Padang Lawas Utara (Paluta), Rabu (24/2) siang.

Menurut pimpinan aksi, Habarol dan Koordinator Aksi Julfikar Harahap, dugaan itu dilakukan PT SRL dan SSL yang mengantongi izin 100 tahun serta beberapa perusahaan lain selaku korporasi, dianggap pelaku kolonialisme di Padang Lawas, khususnya Barumun Tengah, Huristak, Batang Lubu Sutam dan Sosopan.

“Di daerah itu, telah terjadi pembodohan, penindasan, perbudakan dan perampasan hak oleh perusahaan. Sangat disayangkan pemerintah juga terlibat di dalamnya, terlebih pemerintah padang lawas. Ini terbukti tidak adanya keseriusan menangani perkara, sehingga puluhan bahkan ratusan ribu hektar hutan mengalami deforestasi. Misalnya di Desa Ulu Air, Kecamatan Sosopan (300 hektare), di Kecamatan Batang Lubu Sutam (2000 hektare) dan Kecamatan Barumun Tengah, Aek Nabara Tonga, jabar massa.

Mereka juga menyampaikan aspirasi kepada Polda Sumut yang menghadang truk kayu milik PT SRL dan SSL yang melintas di Kecamatan Sosa, Huta Raja Tinggi. Namun kepolisian diminta menangkap serta mengadili dan memenjarakan oknum-oknum yang melakukan pembalakan hutan di Padang Lawas.

Selain itu, menuntu Menteri Kehutanan (Menhut) mencabut izin perusahaan tersebut, mengembalikan lahan rakyat yang digarap perusahaan itu, menuntut Kadishut Sumut dan Padang Lawas atas pemberian izin perpanjangan rencana kerja tahunan, tanpa mengindahkan aspirasi rakyat akan dampak bencana yang timbul. (hen)

READ MORE

STOP-HIV-AIDS

Belum Ada Komentar

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.