Home » Tabagsel » Keberadaan Paluta sebagai Penghasil Ternak Sapi Akan Dibangkitkan Kembali

Keberadaan Paluta sebagai Penghasil Ternak Sapi Akan Dibangkitkan Kembali

Medan, (www.analisadaily.com)

1315914 cattle06 Keberadaan Paluta sebagai Penghasil Ternak Sapi Akan Dibangkitkan KembaliKeberadaan Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) sebagai daerah penghasil ternak sapi akan dibangkitkan kembali. Salah satu upaya untuk membangkitkan kembali daerah penghasil ternak sapi yang dahulunya masih bagian dari Kabupaten Tapanuli Selatan itu yaitu melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi.

Kerjasama antara Kabupaten Paluta dengan Univesitas Panca Budi (Unpab) Medan ditandatangani usai wisuda mahasiswa universitas tersebut di Hotel Madani, Sabtu (20/2) oleh Rektor Unpab HM Isa Indrawan SE MM dan Wakil Buapti Paluta H Riskon Hasibuan.

“Kabupaten Paluta tentunya akan menyediakan sarana dan prasarana seperti lahan peternakan, sementara kita mendatangkan tenaga ahli,” ujar Rektor Unpab HM Isa Indrawan kepada wartawan.

Selama ini lanjut Isa, bantuan yang diberikan pemerintah bersifat individual sehingga hasilnya tidak maksimal. “Dengan adanya kerjasama ini diharapkan mampu membangkitkan kembali kejayaan ternak sapi di daerah tersebut,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu Unpab juga menjalin kerjasama dengan tiga universitas lain dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tiga universitas itu masing-masing, Dharmawangsa, Al Azhar dan Amir Hamzah.

“Dengan adanya kerjasama seperti ini diharapkan hasil yang diperoleh akan lebih maksimal dan tidak mubazir,” ujarnya.

Isa mencontohkan, dalam melakukan penelitian misalnya. Jika dua perguruan tinggi melakukan penelitian yang sama maka hasilnya akan lebih baik karena masing-masing pasti memiliki kelebihan dan kekurangan.

Demikian juga halnya dalam pendidikan, katanya. Ada kalanya satu universitas unggul dibanding dengan universitas lain. Dengan adanya kerjasama ini maka masing-masing akan bertambah kuat.

Kreativitas

Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (Aptisi) Bahdin Nur Tanjung SE MM dalam kesempatan itu menyambut baik kreativitas yang dilakukan Unpab dalam menjalin kerjasama dengan universitas lain maupun dengan pihak pemerintah. “Dengan adanya kreativitas seperti ini maka perguruan tinggi pasti akan maju,” ujarnya.

Hadir juga pada 418 lulusan Unpab tersebut Sekretaris Kopertis Wilayah I Sederhana Sembiring, Pangdam I/BB diwakili Kol Ahwan Ismadi SPdI dan lainnya

Peradaban Bersih

Sebelumnya Ketua Yayasan Prof Dr H Kadirun Yahya, H Ahmad Mutaqin SH MHum dalam sambutannya saat wisuda mengatakan, pengurus yayasan telah merumuskan langkah kebijakan untuk mengembangkan dan membangun perabadan di lingkungan yayasan yang disebut ‘Peradaban Bersih”.

Hal itu dilakukan setelah melakukan kajian yang diambil kesimpulan bahwa, kebersihan merupakan suatu yang amat fitri bagi makhluk hidup utamanya makhluk bernyawa.

Kemudian, kebersihan bersumber pada ajaran Islam yaitu Alquran, Al Sunnah dan Hadist. “Dalam Islam kebersihan saja belum cukup, tetapi harus disertai kesucian. Kebersihan merupakan sebuah ajaran yang diturunkan Allah SWT pada manusia sebagai ajaran yang sempurna dan lengkap sudah pasti memiliki unsur-unsur akidah, syahrian dan muamalah. (rrs)

READ MORE

STOP-HIV-AIDS

Belum Ada Komentar

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.