Home » Tabagsel » Palas Rawan Banjir & Longsor

Palas Rawan Banjir & Longsor

Rabu, 17 Pebruari 2010 – www.metrosiantar.com

longsor%202 Palas Rawan Banjir & Longsor PALAS-METRO; Daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas) termasuk daerah yang rawan terjadi bencana alam, baik banjir dan longsor. Tercatat untuk tahun 2009, jalinsum Sosopan terjadi longsor sebanyak tiga kali. Sedangkan untuk daerah Huragi dan Sosa, banjir sebanyak dua kali yang menghanyutkan dua unit rumah warga.

Demikian dikatakan Kepala Kantor Kesatuan Bangsa Perlindungan Masyarakat dan Politik (Kakan Kesbang Linmas) Kabupaten Palas, Parlindungan Siregar SSos, Selasa (16/2) kemarin.

Sehingga untuk melakukan pertolongan pertama kepada korban, jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam, Badan Nasional Bencana Pusat (BNP) Jakarta memberikan bantuan hibah berupa peralatan pertolongan pertama terhadap korban bencana alam berupa 3 unit tenda kampas,15 unit tenda keluarga, 5 unit tenda regu, 2 unit perahu karet, 1 unit mesin perahu, kemudian 20 buah rompi pelampung, dan 30 buah velboth.

Dijelaskannya, kegunaan bantuan tersebut untuk pertolongan pertama kepada warga yang menjadi korban bencana alam berupa banjir dan longsor, karena selama ini penanganannya belum maksimal, jika ada terjadi bencana alam, karena minimnya sarana peralatan bantuan pemda.

“Karena untuk pelaksana Satlak Penanggulangan Bencana masih di pusatkan di Kesbang, sehingga dengan adanya bantuan tersebut, Satlak sudah bisa siaga jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam. Dan kita menerima bantuan tersebut, Senin (15/2) lalu dengan harapan, melalui bantuan ini, korban bencana bisa tertolong sedini mungkin,” pungkasnya.

Dikatakannya, daerah rawan longsor adalah wilayah Kecamatan Sosopan. Sedangkan daerah yang rawan banjir adalah Kecamatan Sosopan dan Hutaraja Tinggi. Karena letak geografis kedua kecamatan tersebut berada pada titik yang dikelilingi dua sungai yang mengalir yakni sungai Sosa dan Hapung. Sedangkan untuk daerah Sosopan, kondisi letak geografisnya di daerah hutan dan pegunungan bukit terjal, sehingga sewaktu-waktu kerap terjadi longsor jika musim hujan seperti saat ini. (amr)

REDAKSI, PENGIRIMAN BERITA dan INFORMASI PEMASANGAN IKLAN
HUBUNGI: apakabarsidimpuan@gmail.com.com

READ MORE

STOP-HIV-AIDS

Belum Ada Komentar

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.