Home » Tabagsel » Sekda Pemko P.Sidimpuan ; Pers Berperan Penting Memacu Pembangunan

Sekda Pemko P.Sidimpuan ; Pers Berperan Penting Memacu Pembangunan

P.Sidimpuan, (Analisa)

pers Sekda Pemko P.Sidimpuan ; Pers Berperan Penting Memacu PembangunanPers berperan penting dalam memacu percepatan pembangunan didaerah karena memiliki kekuatan sebagai penyampai berbagai informasi kepada publik maupun pemerintah daerah.

” Sebagai lembaga edukatif dan inovatif dalam menyajikan informasi kepada publik, pers memiliki peran penting sebagai pendorong pembangunan,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padangsidimpuan H Sarmadan Hasibuan, SH,MM kepada Analisa, kemarin.

Dikatakan, belakangan ini banyak upaya pembentukan opini negatif yang dihembuskan pihak-pihak yang merasa kurang puas atas keberhasilan pembangunan berbagai sektor yang sedang dan telah dilaksanakan Pemko Padangsidimpuan.

“Untuk menepis issu-issu negatif itu, peran media pers selaku media kontrol sangat dibutuhkan demi lancarnya proses pembangunan di Kota Padangsidimpuan. Tanpa tersedianya media pers seperti lokal community media niscaya akan lebih menyulitkan terlaksananya pembangunan secara berkelanjutan yang sedang berjalan di daerah ini, ” terangnya.

Selain itu, pers juga dapat melaksanakan berbagai upaya bagi terwujudnya keamanan dan kekondusifan dalam rangka terlaksananya pembangunan yang maksimal, serta perannya dalam mendorong percepatan pembangunan di Kota Padangsidimpuan.

Bahkan melalui peran media pers katanya, masyarakat dapat bercakap-cakap dengan satu sama lainnya, kemudian melalui media pers pemerintah dan para pemimpin akan lebih gampang menyampaikan kebijakannya kepada publik, sebaliknya akan dengan mudah menyampaikan aspirasi, melalui media pers informasi pembangunan dan sebagainya akan segera tersebar luas, cepat dan tepat kepada publik serta melalui media pers dapat dilakukan proses edukasi publik

Untuk itu profesionalisme pekerja pers harus taat terhadap kode etik jurnalistik (profesi), sadar bahwa karyanya adalah karya intelektual, senantiasa bersikap positif dan berdaya nalar kritis, serta menguasai permasalahan secara komperhensif.

“Karena, tanpa melaksanakan fungsi ini, dikhawatirkan media pers kita menjadi alat oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab, ” tegasnya.

Kritik

Dalam kesempatan itu, Sarmadhan juga mengkritik sejumlah oknum yang mengaku-ngaku sebagai insan pers padahal hasil karya tulisnya tidak pernah terlihat.

“Sudah saatnya lembaga pers terjun menertibkan oknum-oknum ini karena akan semakin memperburuk citra pers itu sendiri, “katanya.

Diakuinya, ia sangat hormat terhadap insan pers yang benar-benar menjalankan tufoksinya, dan riskan melihat oknum-oknum yang mengaku-ngaku pers padahal tidak mampu menunjukkan hasil karya jurnalisnya.

Disinggung mengenai program pembangunan yang telah dan sedang dilaksanakan Pemko Padangsidimpuan, Sekda memaparkan, sebagai daerah berusia muda hasil pemekaran dari kabupaten induk Tapsel, tahun ke tahun, pembangunan di berbagai sektor yang diprogramkan Pemko Padangsidimpuan menuju kota pendidikan barang dan jasa terus mengalami peningkatan.

Mulai dari sektor pelayanan masyarakat, kesehatan, pendidikan, UKM, dll, sektor pembanguan insfrastruktur sangat menentukan keberhasilan pembangunan pada kategori daerah perkotaan, seperti pengaspalan jalan lingkar Timur sepanjang 10,5 kilometer menghubungkan daerah Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua menuju desa Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, yang pembangunannya telah selesai di hotmix secara keseluruhan.

Demikian juga pelebaran dan pengaspalan jalan lingkar Utara menghubungkan Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua menuju Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru yang nantinya akan menjadi jalan alternatif masuk dan keluar dari arah Sibolga menuju Sipirok dan Gunung Tua tanpa harus melewati inti kota .

Kemudian pengerasan jalan lingkar Utara menghubungkan Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru ke desa Hanopan Kecamatan Padangsidimpuan Selatan.

Dengan terselesaikannya pembangunan jalan lingkar tiga arah ini, diharapkan roda perekonomian masyarakat semakin lancar, serta dapat mengurangi kemacetan di inti kota yang selama ini masih djadikan jalan satu-satunya menuju luar kota .

“Diharapkan TA 2010 ini sektor insfrastruktur dapat diselesaikan, tinggal hanya perawatan saja. Sedangkan proglam lanjutan TA 2011, kita fokuskan pada peningkatan sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan meningkatkan bantuan permodalan guna meningkatkan ekonomi masyarakat dan mengurangi angka pengangguran,” ujarnya. (hih)

READ MORE

STOP-HIV-AIDS

Belum Ada Komentar

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.