Home » Tabagsel » Bongkar Bangunan Tanpa IMB! di Kota Padangsidimpuan…!

Bongkar Bangunan Tanpa IMB! di Kota Padangsidimpuan…!

www.metrosiantar.com

izin imb1 Bongkar Bangunan Tanpa IMB! di Kota Padangsidimpuan...!SIDIMPUAN-METRO; Fraksi Demokrat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padangsidimpuan mendesak wali kota agar bertindak tegas soal pelanggaran izin mendirikan bangunan (IMB). Bila perlu bongkar bangunan yang berdiri tanpa IMB.

Ketua Fraksi Demokrat DPRD Psp, Khoiruddin Nasution SE, menduga target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retibusi IMB tidak tercapai disebabkan bangunan tanpa IMB marak berdiri di kota yang khas dengan buah salak tersebut.

“Wali Kota Padangsidimpuan, Drs Zulkarnaen Nasution, harus tegas. Kalau bangunan tidak punya IMB bongkar saja,” tegasnya kepada METRO Senin (1/3).

Dijelaskannya, sanksi pembongkaran yang diberikan bertujuan memberikan efek jera dan tertib administrasi dalam pembangunan gedung-gedung di Kota Padangsidimpuan. “Kalau tidak punya IMB harus dibongkar. Apa susahnya, kita kan sudah ada peraturan. Apalagi itu sumber PAD,” sebutnya.

Menurutnya, jumlah PAD yang hanya tercapai Rp215 juta atau sekitar 45 persen tersebut jauh dari harapan. Pasalnya, PAD yang ditergetkan Rp440 juta. Pihaknya juga mengaku heran soal minimnya pencapaian PAD, sebab, banyak bangunan yang berdiri di Psp.

“Ke mana pajaknya itu, tidak urus IMB, didiamkan atau bagaimana? Maka biar tertib dan target tercapai pemerintah harus tegas. Tidak punya IMB, bongkar saja, pasti yang lain akan mengurus IMB bangunannya,” terangnya.

Untuk mencapai hal tersebut, kata Khoir, perlu ketegasan dari wali kota agar memerintahkan instansi terkait seperti PU, Lingkungan Hidup, dan penertiban oleh Satpol PP.

“Di sini sebetulnya hanya perlu ketegasan dari seorang Zulkanaen Nasution sebagai wali kota. DPRD berani menjamin target yang diusung Rp500 juta pasti akan tercapai, bila pemko tegas soal pelanggaran-pelanggaran pengurusan IMB,” tuturnya.

Sebelumnya Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Dinas PUD Psp, Halim Pulungan, Selasa (16/2) lalu, mengaku, memanga banyak bangunan di Kota Padangsidimpuan yang tidak memiliki IMB. “Saya sampai lupa berapa jumlahnya, tapi kita hanya sekadar memverifikasi permintaan yang datang kepada kita untuk mendapatkan IMB. Jika menyalahi aturan kita akan berikan teguran sampai 3 kali, bila tetap tidak diindahkan maka akan menjadi tugas Satpol PP sebagai penegak perda. Tapi sejauh ini memang kita akui penegakan dan penertiban bangunan yang tidak punya IMB itu masih sangat lemah,” pungkasnya. (phn)

REDAKSI, PENGIRIMAN BERITA dan INFORMASI PEMASANGAN IKLAN
HUBUNGI: apakabarsidimpuan@gmail.com.com

READ MORE

STOP-HIV-AIDS

Belum Ada Komentar

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.