Home » Tabagsel » Forum PAUD Selenggarakan Lomba Mewarnai di 12 Kecamatan se-Tapsel

Forum PAUD Selenggarakan Lomba Mewarnai di 12 Kecamatan se-Tapsel

Padangsidimpuan, (www.analisadaily.com)

rainbow ocean by thelma Forum PAUD Selenggarakan Lomba Mewarnai di 12 Kecamatan se Tapsel Forum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Tapanuli Selatan menyelenggarakan kegiatan Lomba Mewarnai di 12 Kecamatan Tapsel.

Kegiatan ini langsung dipimpin Ketua Tim Penggerak PKK Tapsel Ny Mariana Ongku P Hasibuan dan Zulfahmi,S.Pd (Sekretaris), Porang Pane, A.Md. Menurut Sekretaris Forum PAUD Tapsel, Zulfahmi, S.Pd, kepada wartawan, Minggu (14/3).

Perlombaan mewarnai bagi anak-anak usia dini ini menapat respon dan perhatian yang positif dari orang tua yang juga hadir mendampingi anak-anak mereka. Pada perlombaan ini, panitia menyiapkan berbagai hadiah seperti : piala, sertifikat, alat-alat menggambar serta alat tulis dan belajar.

Ditanya soal tujuan perlombaaan ini, menurut Zulfahmi, untuk melatih kreativitas dan kemampuan berkomunikasi anak sejak usia dini. Dijelaskan, salah satu kecerdasan yang dapat dipengaruhi adalah kecerdasan adversity (adversity intelligence). Kecerdasan adversity merupakan sebuah bentuk kecerdasan yang memberikan ketahanan terhadap stres (daya resiliensi) tinggi, kemampuan merespon stres (coping mechanism) yang baik serta membangkitkan kemauan dan kemampuan untuk mencapai puncak prestasi.

Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.

Program PAUD Meningkat Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

Pada kegiatan disetiap kecamatan, rata rata diikuti sekitar 60 s/d 75 peserta anak- anak usia dini, jadi diperkirakan dari 12 kecamatan tersebut ditotal diikuti sekitar 900 orang anak-anak.

Pada kesempatan tersebut Ny Ongku P Hasibuan juga memberikan bantuan uang pembinaan kepada PAUD yang dinilai berhasil dalam melaksanakan program PAUD di kecamatan.

Sebelumnya jumlah PAUD di Tapsel hanya sekitar 16, tetapi kini setelah langsung dibimbing oleh Ny Mariana Ongku P Hasibuan bertambah drastis menjadi 85 PAUD yang tersebar di 12 Kecamatan di Tapsel.

Ditargetkan pada tahun 2015, PAUD sudah ada berdiri disetiap desa di Kabupaten Tapanuli Selatan , dengan tujuan utama untuk membentuk anak Tapsel yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan di masa dewasa, serta untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah (ben)

READ MORE

STOP-HIV-AIDS

Belum Ada Komentar

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.