Home » Tabagsel » Kwarcab Palas akan Gunakan Tor Sipira Manuk Untuk Kegiatan program Ke-Pramuka-an

Kwarcab Palas akan Gunakan Tor Sipira Manuk Untuk Kegiatan program Ke-Pramuka-an

www.harian-global.com

pramuka 1 Kwarcab Palas akan Gunakan Tor Sipira Manuk Untuk Kegiatan program Ke Pramuka anKwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Padang Lawas (Palas) akan menggunakan Lokasi Bumi Perkemahan Tor Sipira Manuk sebagai basis kegiatan dan program ke-Pramukaan. Ini dilakukan untuk mewujudkan pembinaan putra-putri Palas yang berkala dan terprogram. Maka Kwarcab Pramuka Palas meninjau lokasi Bumi Perkemahan Tor Sipira Manuk yang selama ini sempat terlupakan.

Dalam peninjauan ulang lokasi Bumi Perkemahan Tor Sipira Manuk, Selasa (3/3) hingga Minggu (7/3) lalu, Sekrataris Kwarcab Palas Zainuddin S.Pd didampingi Kwarran Barumun Gismar Nasution SPd , Kwarran Lubuk Barumun Subhad S.Pd dan Kapusdiklat Pariang Lubis S.Pd mengatakan, lokasi Tor Sipira Manuk ini akan difungsikan kembali mengingat dalam program Pramuka yang sudah diagendakan pada bulan April mendatang. Agendanya yakni akan diadakan Jambore cabang tahun 2010.
“Selanjutnya kita akan upayakan uluran tangan dari pihak pemerintah Kabupaten Palas supaya kiranya dapat memperbaiki sarana jalan dan keperluan perkemahan lainnya seperti fasilitas mandi, cuci, kakus (MCK) yang kini sudah sangat mendesak untuk di dahulukan,” tuturnya. Zainuddin juga mengatakan pihaknya akan mendirikan pos terpadu untuk pelayanan ataupun pelaporan Pramuka.
Lebih lanjut Zainuddin menegaskan, Bumi Perkemahan Tor Sipira Manuk merupakan lokasi yang sangat strategis untuk dijadikan pusat pendidikan dan kegiatan anggota Gerakan Pramuka padang Lawas. Lebih dari itu, Lokasi tersebut juga layak dan berpotensi dijadikan pusat kegiatan bukan sebatas tingkat Kabupaten. Karena itu perlu penanganan serius berikut kerjasama semua elemen termasuk pemerintah dan masyarakat di sekitar lokasi.
Ditempat terpisah tokoh pendidikan Palas, Barani Siregar SPd mengatakan, Lahan perkemahan Pramuka tersebut benar sudah ada dari tahun 1987 yang silam dengan luas lahan lebih kurang 30 Ha. Tanah tersebut dihibahkan oleh masyarakat melalui Kepala Desa dan pemuka adat, yang saat itu Camat Barumun dijabat oleh Drs Bakri.
Dalam kesempatan itu Barani berharap agar masyarakat memiliki rasa kesadaran sendiri agar tidak mengurung diri untuk menguasai lahan milik pengkaderan anak bangsa. Karenanya  masyarakat yang sudah terlanjur menanami lahan tersebut dapat mengosongkan lahan agar lokasi tersebut dapat difungsikan kembali sebagaimana mestinya.
Selanjutnya diharapkan juga kepada pengurus pramuka Palas supaya berusaha maksimal untuk mengembalikan lahan tersebut kepada pengurus Kwarcab Palas karena lahan tersebut bukanlah milik perseorangan melainkan milik putra-putri Pramuka Palas.
“Kiranya Pemkab Palas dapat membantu pengurus Kwarcab Pramuka Palas untuk dapat bersama-sama menyelesaikan permasalahan tersebut supaya kembali dimiliki Gerakan Pramuka Palas ,mengingat lahan tersebut cukup strategis untuk di jadikan perkemahan lomba tingkat I, II, III dan bahkan ke tingkat Nasional,” bebernya.

READ MORE

STOP-HIV-AIDS

Belum Ada Komentar

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.