Home » Tabagsel » Terkait dugaan keterlibatan salah seorang warga Tapanuli Selatan dalam aksi terorisme di Aceh; Umat Islam di Tapsel Diminta Waspada

Terkait dugaan keterlibatan salah seorang warga Tapanuli Selatan dalam aksi terorisme di Aceh; Umat Islam di Tapsel Diminta Waspada

Padangsidimpuan, (www.analisadaily.com)

terorism Terkait dugaan keterlibatan salah seorang warga Tapanuli Selatan dalam aksi terorisme di Aceh; Umat Islam di Tapsel Diminta Waspada

Illustrasi

Terkait dugaan keterlibatan salah seorang warga Tapanuli Selatan dalam aksi terorisme di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), umat Islam di daerah Tapanuli bagian Selatan diminta untuk terus hati-hati dan waspada sebab bukan tidak mungkin ideologi-ideologi terorisme telah menyusup ke dalam daerah ini.

“Keterlibatan saudara dengan inisial AG tersebut membuktikan bahwa warga Tapsel memiliki peluang besar untuk disusupi dan dipengaruhi oleh ideologi-ideologi radikal yang mengarah pada tindakan teror,” kata Ketua PD Muhammadiyah Kota Padangsidimpuan Drs H Amil Mahzul Muzain Nasution dalam perbincangannya dengan Analisa di Padangsidimpuan, Selasa (16/3).

Menurut Amil Mahzul, kawasan Tapanuli Selatan merupakan kawasan yang sangat rentan terhadap penyusupan dan penetrasi ideologi-ideologi radikal seperti itu mengingat umat Islam di kawasan ini sejak dulu terkenal memiliki fanatisme dan semangat keberagamaan yang cukup tinggi.

“Kita khawatir fanatisme dan semangat tersebut dimanfaatkan oleh segelintir oknum maupun kelompok-kelompok tertentu untuk mencapai tujuannya dengan cara-cara kekerasan dan teror sehingga dapat merugikan semua pihak,” ujarnya.

Disebutkan, keterlibatan warga Tapsel dalam dugaan aksi kelompok terorisme di NAD terlepas apakah ideologi tersebut diperolehnya di Tapsel atau tidak, namun hal itu telah menunjukkan sinyalemen bahwa warga Tapsel sangat rentan terhadap berbagai aliran-aliran keagamaan di luar mainstream aliran yang ada.

“Ini yang harus kita waspadai sebab di Tapsel pun sekarang berbagai faham dan aliran keagamaan di luar arus utama faham keislaman yang telah eksis selama ini telah mulai menjamur dan tumbuh dengan subur. Bukan tidak mungkin penetrasi aliran itu kemudian ternyata memiliki tujuan-tujuan tertentu yang tidak mudah difahami oleh sebagian besar umat Islam di daerah ini,” ujarnya.

Waspada

Untuk itu dia menyarankan agar umat Islam di daerah ini selama waspada terutama para orangtua untuk selalu memberikan pengawasan kepada anak-anaknya. Sebab target dan sasaran aliran-aliran tersebut adalah anak-anak muda yang memiliki semangat yang tinggi namun masih rendah pengetahuannya tentang ajaran-ajaran agama.

“Ormas-ormas Islam juga diminta untuk waspada dan selalu memberikan pencerahan kepada umat dengan memberikan pemahaman agama yang benar serta menunjukkan Islam sebagai agama yang menjadi rahmat bagi sekalian alam,” ujarnya. (sah)

READ MORE

STOP-HIV-AIDS

Belum Ada Komentar

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.