Home » Tabagsel » Mega Proyek Bendung Akan Dibangun di Siraisan

Mega Proyek Bendung Akan Dibangun di Siraisan

Padanglawas, (Analisa). Mega proyek pembangunan ben­dung dengan anggaran Rp 100 miliar le­bih, akan dibangun di Desa Siraisan per­sisnya di sungai Siraisan Ke­ca­matan Ulu Barumun. Pem­bangunan proyek terpadu tersebut diharapkan bisa terwujud 2016.

Ka Bappeda Yenny Nurlina Sire­gar mengatakan, proyek ter­padu ter­se­but selain diha­rapkan bisa menjadi sumber air melalui saluran irigasi untuk mengairi ribuan hektar lahan sawah di sejumlah desa, proyek itu juga ditargetkan bisa menjadi obyek wisata andalan.

“Kalau proyek ini nanti sudah siap, bukan hanya bermanfaat sebagai sa­luran irigasi, juga diharapkan bisa men­jadi obyek wisata dan pembang­kit tenaga listrik di Palas,” kata Yenny kepada Analisa belum lama ini.

Untuk 2015, study kelayakan un­tuk mega proyek tersebut sudah ram­pung. 2016 rencana induk kerja ten­tang fasilitas dan hal-hal akan di­bangun dalam proyek tersebut diram­pungkan secepatnya.

Terpisah Sekretaris Bappeda Palas Harry Rizal Hasibuan mengatakan, ang­garan untuk pembangunan pro­yek tersebut diharapkan dari Ke­men­terian PU melalui Dirjen Pengairan. Oleh Pemda Palas lanjut Rizal sudah berulang kali melakukan perte­muan de­ngan Dirjen Pengairan guna mema­tangkan dan mem­persiapkan ber­ba­gai persyaratan yang di­minta Di­rejn Pengairan.

“Bupati Palas sendiri sudah ikut langsung bertemu dengan Dirjen Pe­ngai­ran, karena usulan ini diharapkan bisa berhasil demi peningkatan pem­bangunan di Palas,” kata Rizal.

Rizal mengatakan, sesuai UU No 7 Tahun 2005 tentang sumber daya air, lahan pertanian di atas tiga ribu hektare menjadi tang­gung­jawab pe­merintah pusat untuk mem­bangun fasi­litas irigasinya. Sedangkan kabu­pa­ten/kota ha­nya sekitar seribu hektar.

Untuk kawasan sawah di kawasan Siraisan itu tambah Harry, luasnya mencapai lima ribu hektar. “Jadi se­gala persyaratan untuk meng­usul­kan proyek irigasi tersebut sudah tidak ada masalah lagi. Tinggal bagai­mana Kementerian PU melihat ur­gen­sinya,” kata Rizal.

Di samping dana dari pusat, dana pendamping dari APBD Palas juga akan tetap disiapkan. Namun untuk dana sebesar tersebut Palas belum mampu menyiapkan anggarannya.

“Inilah upaya keras kita saat ini agar semua potensi yang bisa dikem­bangkan di Palas bisa dibangun ber­da­ya guna,” kata Rizal. (ats)


analisadaily.com
REDAKSI, PENGIRIMAN BERITA dan INFORMASI PEMASANGAN IKLAN
HUBUNGI: apakabarsidimpuan@gmail.com.com

READ MORE

STOP-HIV-AIDS

Belum Ada Komentar

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.