Home » Sport, Tabagsel » Perdana Digelar, Marathon 10 K di Madina Meriah

Perdana Digelar, Marathon 10 K di Madina Meriah

Event lari 10 K di Madina meriah

Event lari 10 K di Madina meriah

NATAL– Dalam rangka turut memeriahkan Gebyar Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke – 71, IAONS (Ikatan Anak Olah Raga Natal Sekitar) menggelar event Lomba Lari Marathon 10 K yang dipusatkan di kota Natal Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal.

Lomba mengikuti route dengan titik START di lokasi SPBU NATAL ( Komplek Koramil 17 Natal ) dan garis FINISH di Lapangan Merdeka Natal.

Natal Marathon 10 K 2016 ini merupakan program perdana IAONS yang telah berlangsung pada hari Minggu kemarin, 14 Agustus 2016 dan berhasil menyita perhatian public serta insan pecinta Olahraga lari di daerah ini.

Dengan ramainya masyarakat menyaksikan langsung event yang diikuti 600 0rang peserta, yang berasal dari Kecamatan Natal , Kecamatan Muara Batang Gadis, dan Panyabungan.

Yang menarik, lomba NATAL MARATHHON 10 K 2016 ini juga diikuti oleh anggota dari Grup 1 KOPASSUS.

Dan uniknya lagi yang membuat public semakin penasaran dan antusias menyaksikan lomba ini, turut sertanya salah seorang pelari asing yang berasal dari Negara Prancis atas nama Laourinc, yang kebetulan sedang berkunjung di daerah wisata Natal.

Laorinc ikut berlomba dan bersaing dengan ratusan pelari lokal lainnya. Hal ini membuat NATAL MARATHON 2016 semakin meriah.

Peserta lomba 10 K ini terbagi ke dalam 3 ( tiga ) kategori, yaitu kategori umum Pa, kategori pelajar Pa, dan kategori pelajar Pi. Lomba lari marathon dilepaskan dengan cara tiga season.

Untuk kategori umum berhasil Finish di posisi pertama atas nama Ruhansyah nomor dada 014 alamat Bonda Kase, posisi kedua atas nama Zhardin anggota dari Grup 1 KOPASSUS nomor dada 046 alamat Bonda Kase.

Posisi ketiga atas nama Putra nomor dada 030 alamat Simpang Sawo, posisi ke empat atas nama Abdullah Husein nomor dada 007 alamat Panyabungan, posisi kelima Heri Gunawan nomor dada 031 alamat Pardamean Baru.

Kategori pelajar putra, posisi pertama atas nama Rasbi Adek nomor dada 210 asal sekola MAN NATAl, posisi kedua atas nama Udin nomor dada 133 asal sekolah SMA NEGERI 1 NATAL.

Posisi ketiga atas nama Ikhsan nomor dada 177 asal sekolah SMP NEGERI 4 MBG, posisi ke empat atas nama Zurrahman Rifki nomoe dada 106 asal sekolah NEGERI 4 MBG,posisi kelima atas nama Amru Pohan nomor dada 102 asal sekolah SMK NEGERi PERIKANAN NATAL.

Kategori Putri, posisi pertama atas nama Nikmatus Saidah nomoe dada 429 asal sekolah MTS. MUHAMMADIYAH 20 NATAL, posisi kedua atas nama Adek Amalia nomor dada 561 asal sekolah SMA NEGERI 1 NATAL.

Posisi ketiga atas nama Cici Mayli nomor dada 568 asal sekolah SMA NEGERI 1 NATAL, posisi keempat atas nama Imezanna nomor dada 513 asal sekola MTS. MUHAMMADIYAH 20 NATAL, posisi kelima atas nama Nilma nomor dada 461 asal sekolah MAN NATAL.

Masing – masing pemenang lomba di ambil lima terbaik dari ketiga kategori, dan berhak mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp. 500.000 juara 1, Rp. 350.000 juara 2, Rp. 250.000 juara 3, Rp. 200.000 juara 4, Rp. 100.000 juara 5. Maka total hadiah keseluruhan adalah : Rp. 4.200.000-

Ketua Panitia IAONS Natal, Imran Nasution S. Pd atau yang biasa disapa Ucok yang juga guru Olahraga di SMA Negeri 1 Natal, mengatakan even ini bertujuan untuk memasyarakatkan Olah Raga dan mencegah generasi Muda dari Bahaya NARKOBA.

“Makanya saya membuat tema dalam hal ini adalah : Olahraga Anti Narkoba Wahai Generasi Muda. Muda – mudahan dengan diadakan Lomba Lari Marathon ini para generasi muda sadar akan kesehatan.”

“Karena apabila kita sehat maka pikiran pun akan sehat, sehingga tidak adanya kita lihat kejadian – kejadian aneh di daerah kita yang selama ini sering kita dengar dan kita lihat langsung, ungkapnya.

Disinggung mengenai antusias masyarakat mengikuti lomba ini, beliau merasa bersyukur bahwa respon masyarakat sangat luar biasa, terlihat banyaknya penonton yang melihat sepanjang jalan mulai dari Start hingga Finish.

“Awalnya kami tidak menyangka peserta lari menembus jumlah 600 orang. Bahkan masyarakat pun tumpah ruah sepanjang jalan rute Marathon demi menyaksikan acara ini.”

Hal ini membuktikan bahwa masyarakat Kecamatan Natal khususnya dan umumnya masyarakat Pantai Barat dari berbagai kelompok umur, masih tinggi kecintaan mereka terhadap Olahraga dan mengerti pola hidup sehat.

“Mudah – mudahan melalui event ini , para generasi muda Pantai barat Mandailing Natal terhindar dari penyalah gunaan dari bahaya Narkoba yang merupakan musuh kita bersama,” tambahnya.

(rel/sdf/pojoksumut)-POJOKSUMUT.com

REDAKSI, PENGIRIMAN BERITA dan INFORMASI PEMASANGAN IKLAN
HUBUNGI: apakabarsidimpuan@gmail.com.com

READ MORE

STOP-HIV-AIDS

Belum Ada Komentar

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.