Home » Tabagsel » Idul Adha, Pemko Padangsidimpuan Sebelih 1.127 Sapi dan 23 Ekor Kambing

Idul Adha, Pemko Padangsidimpuan Sebelih 1.127 Sapi dan 23 Ekor Kambing

sapiPadangsidimpuan. Memasuki Hari Raya Idul Adha 1437 H yang jatuh pada Senin (12/9), Pemko Padangsidimpuan akan menyembelih sekitar 1.127 ekor sapi dan sekitar 23 ekor kambing, yang tersebar di enam kecamatan.

“Jumlah hewan kurban se-Kota Padangsidimpuan 1.127 ekor Sapi dan sebanyak 23 ekor Kambing,” kata Kepala Dinas Pertanian Pemko Padangsidimpuan melalui Kepala Bidang Peternakan dan Perikanan, Bambang Supriono didampingi Kasi Pengembangan dan Produksi Peternakan M Yusuf Harahap dan Kepala UPT Kesehatan Hewan drh Nelli Suryanti saat pengecekan langsung di 20 lokasi Penampungan lembu dan kambing secara menyebar di Kota Padangsidimpuan, Jumat (9/9).

Dikatakan, jumlah ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Jika tahun lalu jumlah kurban sapi hanya 1.072 sementara kambing 25 ekor, untuk kurban kambing memang jumlahnya berkurang tapi jumlahnya menambah pada kurban sapi. Secara umum jumlah kurban untuk daerah Kota Padangsidimpuan meningkat.

Dikatakan, hingga saat ini, persediaan hewan kurban, terutama sapi di Kota Padangsidimpuan cukup walaupun secara potensi daerah hanya mampu menyumbang berkisar 20 persen dari hasil peternakan local, sedang kebutuhan 80 persen hewan kurban lagi di datangkan dari luar daerah seperti Labuhan Batu, Simalungun, Asahan, Batubara, Rokan Hilir dan Sumatera Barat.

Harga hewan kurban sendiri kata dia, tergantung beratnya. Namun, harga yang ditawarkan untuk ukuran kurban sapi Rp12 juta/ekor sedangkan kambing antara Rp1,8 juta s/d Rp2 juta/ekor.

“Ada kenaikan harga antara Rp500.000/ekor hingga Rp1.000.000/ekor pada tahun ini, tapi memang jenis sapi yang mereka jual juga lumayan bagus. Dan umumnya sapi yang dijual jenis ongole,” kata M Yusuf Harahap.

Pengecekan kesehatan langsung ke lokasi peternakan maupun penampungan lembu dan kambing sebelum diserahkan pada panitia qurban penting dilakukan.
“Setidaknya sejak Rabu (7/9) hingga hari ini pengecekan di sedikitnya 20 lokasi peternakan dan penampungan hewan kurban sudah dilakukan.

Kita memastikan soal kesehatan dan usia kurban, Alhamdulillah belum ada ditemukan hewan kurban yang tidak sehat apalagi mengandung virus berbaha terhadap kesehatan,” kata Bambang.

Dikatakan, tim yang turun ke lapangan untuk mengecek kondisi kesehatan hewan kurban maupun usia hewan yang di kurbanan melibatkan tim teknis yang sudah memahami.

“Sejauh ini dari laporan tim belum mendapatkan hasil yang tidak baik terhadap kesehatan hewan. Semua hewan kurban itu masih dianggap sehat dan layak,” katanya.

Guna memastikan kondisi hewan kurban sehat dan layak di konsumsi, anggota DPRD Padangsidimpuan Timbul Simanungkalit ikut serta mendampingi tim kesehatan hewan dari dinas pertanian dan peternakan Kota Padangsidimpuan, Jumat (9/9).

Anggota DPRD dari Komisi III yang membidangi masalah kesehatan ini meminta pada peternak dan pedagang sapi supaya benar-benar menjual hewan yang sehat dan layak sesuai aturan.

“Jangan nanti sapi yang dikurban itu ternyata tidak sehat atau membawa virus seperti antrak atau mers karena itu sangat berbahaya bagi kesehatan manusia,” kata Timbul kepada Peternak Sapi di Labuhan Labo, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan.

Sementara itu dr Hewan Dinas Pertanian dan peternakan Kota Padangsidimpuan mengatakan, tugas pemeriksaan hewan tidak hanya dilakukan pada saat jelang hari raya idul adha saja.

Dikatakan, setiap hewan yang akan dipotong juga sebelumnya harus diperiksa kesehatannya. Tapi, dia harus akui bahwa tidak semua pihak yang melakukan pemotngan hewan sapi, kerbau dan kambing terpantau.

“Kadang memang kami tidak sempat tau, tiba-tiba sudah ada kabar pemotongan hewan semisal menjelang hari raya besar. Tapi kita juga bisa melihat kondisi daging yang dijual sehat atau tidak,” katanya.

Namun demikian pihaknya meminta pada masyarakat, jika ada melihat hewan kurban yang sakit, segeralah lapor kepada panitia kurban atau langsung ke pihak terkait. (ikhwan nasution)

/MedanBisnis –

REDAKSI, PENGIRIMAN BERITA dan INFORMASI PEMASANGAN IKLAN
HUBUNGI: apakabarsidimpuan@gmail.com.com

READ MORE

STOP-HIV-AIDS

Belum Ada Komentar

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.