Home » Tabagsel » Teknologi Pertanian Sangat Membantu Petani

Teknologi Pertanian Sangat Membantu Petani

(Antarasumut)

(Antarasumut)

Padangsidimpuan, 15/9 – Tekonologi Pertanian dalam mendukung peningkatan produksi hasil pertanian sangat membantu petani dalam kelancaran mengolah tanah, dan mengoptimalisasi lahan sawah.

Hendriyanto Hasibuan (33) salah satu Koptan Darul Makmur Desa Simatohir, Kota Padangsidimpuan, mengatakan, Kamis, teknologi pertanian seperti Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) sangat membantu proses pengeolahan tanah, seperti mesin handtractor dapat mempercepat pengolahan tanah dan mengembalikan kesuburan tanah yang usai ditanamani pada musim tanam sebelumnya.

Ia menambahkan, selain Handtractor ada juga Combine harvester mini (Alsintan pasca panen) yang dapat dipergunakan untuk mempercepat proses pemanenan dan pasca panen.

Untuk handtracktor para petani bisa mengoptimalisi lahan dalam pengerjaan semakin baik, lebih bagus menggunakan handtracktor apa lagi teknologi pertanian ini sangat menjanjikan, harapan saya perlunya ada penambahan khusus untuk alsintan karena untuk mendukung program swasembada pangan setiap kelompok tani harus memiliki 1 unit handtracktor, saat ini kami hanya mengantri dalam menggunakan alsintan itu,ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, Peternakan dan Kehutanan Kota Padangsidimpuan Ir Parimpunan Siregar, dengan adanya alsintan yang berteknologi canggih seperti ini kedepan untuk para petani sudah sewajarnya mendukung program swasembada pangan, sesuai harapan Walikota Padangsidimpuan juga yang saya sampaikan, Upaya Khsusus di Kota Padangsidimpuan harus kita kejar sesuai target,seluruh element se yogyanya,dapat bersinergi dalam mendukung program pemerintah pusat, karena mengingat ini juga merupakan program Nawacitanya Presiden RI Joko Widodo, ungkapnya.

Lanjutnya, alat dan mesin pertanian tersebut, terkhusus teknologi pertanian berguna meningkatkan swasembada pangan dalam tiga komoditas utama yakni padi, jagung dan kedelai (pajale), seperti yang dicanangkan, sebelumnya.


(Antarasumut)

REDAKSI, PENGIRIMAN BERITA dan INFORMASI PEMASANGAN IKLAN
HUBUNGI: apakabarsidimpuan@gmail.com.com

READ MORE

STOP-HIV-AIDS

Belum Ada Komentar

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.