Home » Internasional, Kolom » Beberapa Hal Menarik Tentang India

Beberapa Hal Menarik Tentang India

Beberapa Hal Menarik Tentang India

Hampir semua mengenal india mulai dari zaman siti nurbaya hingga zaman abad sekarang ini dank arena india juga terkenal dengan keeksotisan negeri dan kekayaan budayanya. Maka tidak bisa dipungkiri, india merupakan salah satu Negara yang sangat khas. (Image : World Bank)

Oleh : Raegen Harahap *)

Banyak orang berasumsi bahwa india adalah Negara yang miskin yang padat. Bagaimana tidak padat, kalau penduduknya saja ada lebih dari 1 milliar jiwa. Tapi apakah india benar-benar miskin? Tidak bisa dibilang ya…! Karena pada faktanya sekarang india adalah one of the emerging economics power in Asian selain china dan pastinya india juga merupakan salah satu anggota G-20.

Namun, bisa jadi asumsi saya ini terbantahkan disebabkan dengan masih banyaknya pemandangan kumuh dan lusuh di beberapa kota di india dan lagi-lagi saya tidak bisa memungkiri hal ini….. dan saya pun juga pada waktu pertama kali menginjakkan kaki ke india sudah menangkap bahwa india itu sebagai Negara yang lusuh dan kumuh. Tetapi, jika anda bertanya bagaimana india itu…. Pasti buat saya itu bagus… kenapa saya bilang bagus…?

Nah…..!! disini akan saya uraikan beberapa hal yang menarik tentang india…..

Beberapa Hal Menarik Tentang India ini adalah

1. Biaya pendidikan di india soooooo Cheaafff….!!!

Jika kalian bertanya kepada saya bagaimana menarik dan berharganya kuliah di india. Dan pastinya akan saya jawab

: I will definetely answer it by big Yes….!!

Di zaman sekarang di Negara mana biaya pendidikan murah. Tapi di india, dengan negaranya para Bollywood yang terkenal dengan penduduknya no 2 terpadat di dunia hingga mencapai lebih dari 1 milliyah lebih setelah china. Tapi bisa membuat biaya pendidikan murah. Misalnya saja, di universitas ( Aligarh Muslim University) di bagian Negara Uttar Pradesh dan menjadi no 2 terbaik tingkat universitas di seluruh india dan didirikan oleh Sir Syed Ahmad Khan pada tahun 1877.

Kuliah di india tak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena untuk tingkat s1 saja kita cukup hanya membayar sekitar 65.000 (13.000.000) dengan durasi belajar hanya 3 tahun dan untuk tingkat s2, seperti sayng sedang saya jalani sekarang hanya perlu bayar sekitar 88.000 (17.000.000) untuk 2 tahun dan yang paling menarik lagi untuk tingkat s3 hanya perlu membayar sekitar 55.000 (11.000.000). wwooowww….!! Dan itu semua biaya kuliah untuk mahasiswa luar negeri. Murah banget bukan. Dimana kita mendapatkan biaya pendidikan murah seperti itu. Ya… itulah di india..

Beberapa Hal Menarik Tentang India

Bertemu dengan kalian adalah sebuah karunia besar bagiku. (Koleksi Pribadi)

Belum lagi soal harga buku.. wow.. soooo cheaf..!! bagi kita yang hobbi baca. India adalah tempat yang cocok buat kamu. Kenapa tidak..? karena textbooks di india sangatlah murah meski terbitannya dari Amerika dan Inggris seperti penguin dan oxford. Dan bahkan karena murahnya harga buku di india sempat disorot oleh media The New York Times pada tahun 2008.

Dan di Indonesia telah di akui atau tidak bahwa minat baca di Indonesia sangatlah rendah. Dan UNESCO mencatat minat baca di Indonesia pada tahun 2012 adalah 0,001 yang artinya 1000 orang dan hanya 1 orang yang mempunyai minat baca buku. Dan hal ini jugalah yang menjadi penyebab harga buku di Indonesia yang cukup terbilang mahal.

Disamping biaya pendidikan dan harga buku yang relative murah da ternyata tenaga pengajar di india juga sebagian besar bergelar professor yang sudah teruji kualitas dan kredibilitasnya. Contohnya saya, semua dosen yang mengajar di jurusan saya semua professor.

Dan hal ini jugalah yang dimanfaatkan oleh pelajar-pelajar india giat dan tekun belajar. Makanya di india banyak kita jumpai masih muda muda sudah bergelar s3.

Dan itu jugalah membuat saya bingun dengan penduduk terpadat no-2 di dunia tapi bisa membuat biaya pendidikan murah ? ternyata pemerintah india menetapkan APBN sebesar 40% ke dalam pendidikan. Maknanya biaya pendidkan murah, harga buku murah tapi tenaga pengajar sangat berkualitas.

Dan bagaimana pendidikan di Negara kita..hhhmmm rasanya sangat jauh berbeda dengan penjelasan di atas tentang murahnya pendidikan di india.

2. India is the world second largest English speaking country.
(India adalah Negara kedua terbesar penutur bahasa inggris di dunia).

Ohhh really…..!!! definitely big Yess…!!!

Reagen Harahap (Koleksi Pribadi)

Reagen Harahap – Penulis (Koleksi Pribadi)

Saya yakin kalian pasti tahun sekilas sejar india yang dulunya dijajah oleh inggris raya. Dengan hal itu pula lah yang membuat dampak yang dirasakan oleh india dan bahasa inggris juga sudah bahasa resmi ke-2 setelah bahasa hindi. Justru karena digadang-gadangkan sebagaib penutur bahasa inggris terbesar no 2 di dunia setelah Amerika serikat makanya dalam system pendidikan pun bahasa inggris dijadikan media pembelajaran. Dan dampaknya juga bisa kita rasakan saat sekarang ini.

Jadi, kita tidak usah lagi takut gak bisa bahasa inggris kuliah ke negeri Gandhi ini. Wooonngg akunya dulu kemari tidak bisa sama sekali bahasa inggris sedikitpun..hehehehhe

Dan uniknya lagi 70% masyarakat india bisa berbahasa inggris. Makanya kita gak heran seorang tukang pedagang sayur bisa berbahasa inggris dan ini juga lah membantu kita ketika trvalling ke tempat tempat lain kita bisa bertanya kepada mereka jika kita tahu..heehhee mantapkan india…

Tapi, bagaiamana kita di Indonesia..?

Memang kita tidak  bisa menyalahkan masa lalu yang mana Negara kita dulu dijajah belanda hingga kita tidak bisa berbahasa inggris tapi sayang sekali bahasa belanda pun kita tidak bisa sama sekali..

3. Tentang Keeksotisan Budaya India.

Siapa sih yang tidak tahu india? Taj mahal dengan symbol of love, sharukkhan the king Khan, kajol kuch kuch hota hai, tarian, flim, festival, tari perut dan pastinya banyak lagi. Dan hal ini jugalah yang membuat india terkenal di seluruh dunia. Dan pastinya setiap turis yang dating ke india selalu menyempatkan diri untuk berkunjung melihat taj mahal. Dan hampir semua mengenal india mulai dari zaman siti nurbaya hingga zaman abad sekarang ini dank arena india juga terkenal dengan keeksotisan negeri dan kekayaan budayanya. Maka tidak bisa dipungkiri, india merupakan salah satu Negara yang sangat khas.

Kita bisa dengan mudah menemui perempuan memakai sari dan tak jarang laki-lakinya juga pakai kurta dan uniknya mereka tidak malu mengenakan baju-baju traditional mereka di era modern sekarang. Incredible kan…!! Bukan seperti kita memakai baju adat hanya pas diwaktu acara tertentu saja seperti pesta dan acara adat lainnya. Sedihkan.. karena buat saya sendiri modern itu bisa diartikan menjaga dan melestarikan tradisi dan bangga dengan identitas apa yang kita percayai dan hormati. Bukan mengikuti apa yang orang lain pikir itu bagus dan kren karena modernisasi itu sendiri  lahir dari nilai-nilai dari identitas dan itulah juga lah yang menjadi modernisasi itu sendiri.

Selain tentang pakaian, india juga terkenal dengan kaya akan flimnya. Ingatlah kuch kuch hota hai atau flim yang lagi tenar di Indonesia saat ini, UTTARAN ( hingga remote televisi pun disembunyikan oleh mamaknya) hehehehhehehe… dan itu lah yang masih tersimpan indah di pikiran kita.

Disamping yang di atas tadi, india juga kaya akan bangunan tua yang masih berdiri kokoh. Taj mahal ( the symbol of love) Qutub Minar, Red Fort, Jamak Mesjid dan masih banyak lagi. Dan itu semua bisa kita rasakan ketika kita berada di india. Seperti saya sekarang..hehehhe. dan bahkan art collage, AMU ( Aligarh Muslim University)  tempat saya kuliah bisa kamu rasakan kemegahan arsitektur bangunan tua india. So, feel it and you love it.

Dan dengan pengaruh budaya yang terdapat di india membuat para turis dari berbagai Negara berkunjung walaupun hanya melihat beberapa tempat saja untukm membuktikan kemegahan budaya india tersebut dan yang paling mengejutkan lagi bahwa dari pengaruh budaya ini bisa membantu menaikkan pendapatan Negara no 5 dari faktor lain. Dan pastinya akan membantu memperbaiki perekonomian rakyat dari sektor tourist tersebut.

Sebenarnya masih banyak hal lain yang menarik untuk ditulis yang mampu memikat kita untuk mengetahui india secara keseluruhan disamping hal-hal yang di atas. Seperti masalah teknologi, sains dan juga peralatan militer.waaahhhhh….!  karena india sudah meneliti bulan, mengirim misi ke mars, dan pastinya india sudah mempunyai senjata nuklir. Indonesia sudah kalah jauh sekali dari india di zaman sekarang… tapi Indonesia sesungguhnya bisa menjadi seperti india dengan segala yang mereka punya sekarang. Pasalnya, kalau bicara sejarah, india dulu jauh bila dibandingkan dengan Indonesia. Tapi, kini india bisa menjelit dan melangkahi kita. Kalau india bisa, kita yang pernah unggul juga tentu mampu. Hanya tinggal mau atau tidak untuk melakukan itu semua. Karena kucinya ada pada diri kita sendiri.


*) Raegen Harahap adalah salah satu mahasiswa asal desa Tanjung Baringin, kecamatan Huristak, kabupaten Padang Lawas dan sedang menempuh pendidikan S2 jurusan Ilmu Politik_Hubungan International di Aligarh Muslim University.

REDAKSI, PENGIRIMAN BERITA dan INFORMASI PEMASANGAN IKLAN
HUBUNGI: apakabarsidimpuan@gmail.com.com

READ MORE

STOP-HIV-AIDS

Belum Ada Komentar

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.