Home » Headline, Tabagsel » Demi Mendapatkan Air Bersih Warga Paran Julu Dan Sekitarnya Terpaksa Menempuh Jalan 2 KM Ke Sungai Barumun

Demi Mendapatkan Air Bersih Warga Paran Julu Dan Sekitarnya Terpaksa Menempuh Jalan 2 KM Ke Sungai Barumun

Kondisi Sungai Aek Rappa Saat Ini Akibat Kemarau Berkepanjangan

Kondisi Sungai Aek Rappa Saat Ini Akibat Kemarau Berkepanjangan

Apakabarsidimpuan.com,Palas – Musim kemarau berkepanjangan di Kabupaten Padang Lawas (Palas) membuat warga di daerah itu kesulitan mendapatkan air. Meski hujan sempat mengguyur, namun hal itu tak membuat debit air bertambah dikarenakan intensitas hujan kecil.

Akibatnya, kekeringan melanda sebagai daerah di kabupaten tersebut. Seperti halnya yang terjadi di Kecamatan Aek Nabara Barumun, dimana para warga terpaksa menggunakan air Sungai Barumun untuk keperluan mandi, cuci dan kakus (MCK).

“Sudah lama kalau sumur kami kering. 8 Meter dalam sumurnya. Memang, airnya kurang juga,” kata Rosmawarni, seorang ibu rumah tangga saat ditemui di Desa Hadungdung Pintu Padang Kecamatan Aek Nabara Barumun.

Di tempat lain, beberapa warga juga mengakui hal yang sama. Untuk sekedar mandi dan cuci kakus saja, terpaksa mengambil air dari sungai yang jauhnya mencapai dua kilometer.

Hal Senada juga diungkapkan Putra Hasibuan, warga Paran Julu. Ia sudah sebulan terakhir ini mengambil air dari Sungai Barumun untuk keperluan di rumahnya. Setidaknya, ada empat desa kini yang warganya sudah banyak bergantung ke Sungai Barumun untuk kebutuhan air bersih, yakni mulai dari Desa Paranjulu sampai Desa Aek Nabara Tonga,ujarnya.

Dari pantauan korespondensi media online apakabarsidimpuan.com,sabtu (1/10) melihat kondisi salah satu sungai ikon Desa Hadungdung Pintu Padang adalah Sungai Hadungdung atau yang lebih sering disebut orang adalah sungai aek rappa,aek rappa tersebut ikut juga kering total yang sekarang tinggal hanya gundukan pasir akibat kemarau berkepanjangan yang terjadi di Kabupaten Padang Lawas

Hampir seluruh desa di Kecamatan Aek Nabara Barumun melanda kekeringan diakibatkan hujan yang tidak pernah turun beberapa bulan ini.(AEH)

REDAKSI, PENGIRIMAN BERITA dan INFORMASI PEMASANGAN IKLAN
HUBUNGI: apakabarsidimpuan@gmail.com.com

READ MORE

STOP-HIV-AIDS

Belum Ada Komentar

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.