Home » InfoTekno » 10 Tips Tersembunyi Facebook untuk Diketahui

10 Tips Tersembunyi Facebook untuk Diketahui

Sejak diluncurkan pada 2004 lalu, Facebook mampu mempertahankan posisi sebagai media sosial yang paling banyak digunakan. Tahun ini, layanan tersebut mencatat 1,1 miliar pengguna aktif setiap hari.

Hal ini tak lepas dari berbagai inovasi yang terus diluncurkan demi mengikuti perkembangan zaman. Berawal dari foto dan teks, sekarang pengguna Facebook bisa berbagi video, GIF, hingga konten 360 derajat.

Tak cuma kontennya yang diperkaya, fitur-fitur lain seperti On This Day, foto profil bergerak, dan layanan chatting Messenger juga diperkuat. Saking banyaknya fitur yang ada, beberapa pengguna mungkin luput dalam memanfaatkannya.

Barangkali Anda selama ini masih berkutat pada pemanfaatan foto, video, dan teks standar. Maka dari itu, KompasTekno memberikan beberapa tips untuk meningkatkan pengalaman Anda menjajal Facebook, sebagaimana dihimpun dari BusinessInsider berikut ini.

Business Insider Tips Facebook.

1. Simpan hal menarik pada linimasa untuk dibuka lain waktu.

Biasanya Anda melihat artikel atau video menarik, namun tak sempat membaca atau menonton konten itu karena sibuk atau ada hal lain yang harus dilakukan.

Anda bisa menyimpannya dengan menekan tanda panah bawah pada postingan tersebut, lalu tekan “save link”.

Nanti, Anda cukup membuka profil, lalu pilih tab “saved” untuk melihat konten-konten yang sebelumnya telah Anda simpan.

Fitur ini sejatinya sudah tak asing di ranah jejaring sosial. Layanan berbagi video YouTube pun punya kemampuan serupa.

2. Ubah foto profil menjadi GIF.

Jika Anda bosan dengan foto profil yang statis, Anda bisa mengubahnya menjadi lebih dinamis dengan format animasi GIF.

Caranya mudah. Pada aplikasi Facebook mobile, Anda cukup menekan menu “take a new profile video” di halaman untuk mengubah foto profil. Facebook bakal menampilkan antarmuka kamera di mana Anda bisa menjepret dan mengubah foto menjadi format animasi GIF.

3. Mematikan pemuatan video otomatis (auto-playing) pada linimasa.

Business Insider Tips Facebook.

Opsi ini akan sangat berfungsi bagi Anda yang ingin menghemat kuota data. Sebab, jika terus-terusan memutar video secara otomatis, data tentu akan lebih cepat habis. Anda bisa mematikan pemutaran video otomatis itu dengan memilih “settings”, lalu pilih opsi “videos and photos”.

Di situ, ada beberapa pilihan yang diberikan Facebook, yakni autoplay dengan data selular dan Wi-Fi, autoplay dengan koneksi Wi-Fi saja, atau benar-benar mematikan opsi autoplay di berbagai koneksi.

4. Berhenti mengikuti teman (unfollow) tanpa menghapusnya sebagai teman (unfriend)

Fitur satu ini bisa dimanfaatkan ketika Anda tak suka dengan konten yang dibagi teman, namun tak enak hati untuk unfriend.

Jika memilih unfollow, teman tak akan sadar bahwa Anda tak mengikuti postingannya. Anda akan tetap tercatat sebagai teman dia.

Caranya, cukup tekan tombol “Following” pada profil teman di aplikasi mobile, lalu tekan “unfollow”. Di desktop, cukup tekan tanda panah ke bawah ketika Anda mendapati postingan teman, lalu pilih “unfollow”.

5. Pilih profil dan Page yang ingin Anda prioritaskan

Biasanya, jika sudah kebanyakan teman, ada saja postingan yang luput dari perhatian. Padahal, bisa saja postingan yang diunggah teman atau Page tertentu penting bagi Anda. Untuk itu, prioritaskan profil dan Page tersebut di opsi “settings”.

Anda cukup memilih “News Feed Preferences” dan bintangkan beberapa profil dan Page yang ingin diprioritaskan. Selanjutnya, postingan dari mereka akan muncul di linimasa atas saat membuka Facebook.

6. Ajari teman mengeja nama Anda dengan benar

Jika Anda adalah pemilik nama dengan ejaan sulit, fitur ini akan sangat membantu.

Pada pengaturan profil, Anda cukup memilih opsi “details about you” di bawah pilihan “about”.

Di situ akan muncul beberapa prediksi ejaan nama Anda yang benar.

Cukup centang dan simpan pengaturan itu, lalu teman bisa mendengar bagaimana pengejaan nama Anda ketika mampir ke profil Anda.

7. Lihat di mana saja Anda pernah masuk (log-in) dan keluar (log-out)

Di sini, Anda bisa tahu apakah akun Anda pernah dimata-matai orang lain atau tidak.

Cukup menyambangi “settings”, lalu “account settings”, dan “security”, hingga menemukan pilihan “where you’re logged in”. Di situ akan muncul beberapa lokasi yang teridentifikasi sebagai tempat Anda pernah masuk ke akun Facebook personal.

8. Mengolah notifikasi

Terkadang notifikasi Facebook terlalu banyak dan beberapa tak ingin Anda ketahui. Misalnya saja notifikasi iklan, game, atau dari orang-orang yang tak signifikan bagi Anda.

Nah, agar notifikasi Anda cuma berisi informasi penting, Anda bisa mengaturnya pada seksi “notifications” di “account settings”. Di situ ada beberapa tipe notifikasi yang bisa Anda pilih untuk terus diberi tahu dan mana yang tidak.

9. Sunting postingan atau komentar

Dulu, saat mengunggah sebuah konten atau menulis komentar, Anda tak bisa menyuntingnya. Jika salah, Anda cuma bisa menghapusnya atau mengoreksinya dengan postingan atau komentar baru.

Kini, sudah ada pilihan “edit post” yang memudahkan penyuntingan. Ketika melihat komentar atau postingan, cukup tekan ikon pensil di sisi kanan, lalu pilih “edit” yang berbarengan dengan opsi “reply”, “copy”, dan “delete”.

10. Jika ingin hapus Facebook, unduh semua data Anda

Ada masanya ketika Anda merasa sudah cukup berkiprah di Facebook dan ingin berhenti. Namun, yang memberatkan Anda adalah kenangan berupa foto zaman dulu yang diunggah ke Facebook. Anda bisa mengunduh semua file itu dan menghapus akun dengan lega.

Caranya, saat ingin menonaktifkan akun lewat “settings”, dan “general”, pilih opsi “download a copy” di sisi bawah. Facebook akan mengunduh semua data Anda dalam waktu yang tergantung dengan besaran dokumen.

Selamat mencoba!

REDAKSI, PENGIRIMAN BERITA dan INFORMASI PEMASANGAN IKLAN
HUBUNGI: apakabarsidimpuan@gmail.com.com

READ MORE

STOP-HIV-AIDS

Belum Ada Komentar

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.