Home » Tabagsel » HUT Tapsel – SMAN 1 Batang Angkola Tampilkan Karya Siswa

HUT Tapsel – SMAN 1 Batang Angkola Tampilkan Karya Siswa

 Berfoto di Stand Kepala Sekolah SMAN 1 Batang Angkola Tapsel Taufik Hidayat berpoto bersama siswanya di depan Stand Pameran di alun-alun Pasar Sipirok, Minggu (20/11). (Medanbisnis/ikhwan nasution)


Berfoto di Stand Kepala Sekolah SMAN 1 Batang Angkola Tapsel Taufik Hidayat berpoto bersama siswanya di depan Stand Pameran di alun-alun Pasar Sipirok, Minggu (20/11). (Medanbisnis/ikhwan nasution)

SMAN 1 Batang Angkola menampilkan hasil kerajinan seni karya dan seni rupa pada stand Pameran Pembangunan ke 66 HUT Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Tahun 2016.

Pantauan MedanBisnis, Minggu (20/11), berada di pintu masuk lokasi pameran pembangunan Tapsel di Alun-alun Pasar Sipirok, Kabupaten Tapsel sudah ramai dikunjungi padahal waktu pembukaan baru dimulai pada pukul 16.00 WIB.

Para pengunjung tertarik dari buah karya para siswa sekolah SMA yang bukan sekolah kejuruan tampil memukau dengan menampilkan sejumlah karya semisal kerajinan miniatur Bagas Godang yang terbuat dari pelepah pisang, souvenir biji salak menjadi miniatur gantungan kunci serta hasil lukisan pada kain kampas serta kaligrafi.

Riswan (45) salah satu pengunjung mengatakan, dia kagum atas hasil karya para siswa SMA yang bukan sekolah kejuruan itu dapat kompetitif tampil bersaing dengan hasil kerajinan di bawah binaan Disperindag.

“Ini hasil karya yang luar biasa. Hasil karyanya bisa dijadikan hiasan di rumah dan gantungan kunci bagi souvenir yang terbuat dari biji salak,” kata Riswan sambil melihat-lihat karya di stand itu.

Kepala Sekolah SMAN 1 Batang Angkola Taufik Hidayat ditemui di stand itu mengatakan, bahwa hasil kerajinan yang dibuat siswa-siswanya itu perlu mendapat promosi dan pameran pembangunan ini momentum yang baik.

“Tampil dengan stand sendiri merupakan inisiatif dan hanya dua sekolah SMA yang ikut andil bagian setelah SMA Plus Sipirok” katanya.

Dikatakan, ilmu keterampilan dan seni ini ditekuni siswa sejak dua tahun belakangan ini dengan memasukkan pada kegiatan ekstra kurikuler setelah pulang sekolah.

“Melalui tenaga pengajar yang memiliki skill pada keterampilan dan seni menggambar para siswa dibekali dan hasilnya memuaskan. Hasil karya mereka mampu mendapat juara pada Festival dan Lomba Seni Tingkat Nasional (FLS2M) tingkat Propinsi Sumut,” katanya.

Adapun kerajinan seni yang ditampilkan dan siap dipasarkan melalui stand ini diproduksi langsung para siswa semisal miniatur Bagas Godang, souvenir biji salak dan kulit salak, seni lukis sang pemburu kaligrafi Nabi Muhammad, gambar ikan arwana, baby mongky, tiga kupu-kupu, gambar lubuk larangan dan burung murai.

“Untuk karya souvenir biji salak dan kulit tampil sebagai juara dua pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2M) Tingkat Provinsi Sumut untuk karya dari Ayu Wulandari kelas II IPA III warga Sitanpa,” kata Taufik sambil mengatakan bahwa miniatur Bagas Godang terbuat dari kulit salak dan pelepah pisang juara empat besar karya dari Yusuf Efendi Lubis kelas II IPA II.

Program tambahan sekolah SMAN 1 Batang Angkola ini juga akan mempelajari cara membuat film pendek. “Dengan cara ini anggapan siswa SMA selama ini tidak memiliki skill maka melalui sekolah SMA juga mampu mengangkat potensi yang ada pada siswa melalui kegiatan luar sekolah,” tambahnya.

Yusuf Efendi Lubis salah satu perajin dari sekolah SMAN 1 Batang Angkola tersebut mengatakan cukup bangga karena sekolah ini memberikan keterampilan bagi siswa di luar jam sekolah.

“Kami sangat berterimakasih kepada guru yang memberikan keterampilan yang tentunya sangat besar manfaatnya kelak setelah kami usai sekolah,” katanya. (ikhwan nasution)

REDAKSI, PENGIRIMAN BERITA dan INFORMASI PEMASANGAN IKLAN
HUBUNGI: apakabarsidimpuan@gmail.com.com

READ MORE

STOP-HIV-AIDS

Belum Ada Komentar

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.