Home » Headline, Tabagsel » Becak Vespa Jadi ‘Raja Jalanan Kota Sidimpuan’

Becak Vespa Jadi ‘Raja Jalanan Kota Sidimpuan’

Becak Vespa Jadi 'Raja Jalanan Kota Sidimpuan'

Mahkota Hasibuan dengan becak vespa kebanggannya (Tribun-Medan)

PADANGSIDIMPUAN – Melintasi jalanan di Kota Padangsidimpuan, tampak banyak becak yang hilir mudik.

Uniknya, becak di Kota Salak ini, semua memakai vespa. Becak vespa memang sudah jadi alat transportasi khas Kota Sidimpuan.

Penarik becak, Mahkota Hasibuan, mengatakan, becak vespa ini menjadi ciri khas Kota Sidimpuan sejak tahun 1976. Vespa yang digunakan pada becak ini, semua asli dari Negeri Pizza, Italia.

“Pada saat itu diurus oleh pemerintah, disahkan jadi becak khas Sidimpuan. Ada persatuannya dulu, Afa Rastra, harapan dan abadi,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Becak Vespa Jadi ‘Raja Jalanan Kota Sidimpuan’ dan Sejarahanya

Mahkota bercerita, awalnya beragam model becak ada di Kota Sidempuan. Namun, sejak pemerintah mencanangkan becak vespa sebagai ikon transportasi daerah, becak yang lain lambat laun tersingkir.

“Dulu ada becak yang pakai CB dan GL Pro. Tapi, tersingkir dengan adanya becak vespa ini. Apalagi pada saat itu, pemerintah menjadikan becak ini sebagai kendaraan khas, dan penarik becak diperhatikan oleh pemerintah,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Mahkota, becak vespa sangat sesuai dengan karakter masyarakat Kota Sidempuan.
Kerangka bak becak yang pendek, dianggap membuat penumpang wanita yang sering menggunakan rok dapat duduk lebih nyaman.

“Ada kaitannya dengan syariah juga, lebih sopan. Jadi kalau pake rok pun, tampak sopan. Apalagi mayoritas masyarakat sini beragama Islam,” terangnya.

Saat ini, sekitar 5.000-an becak vespa menghiasi Kota Sidempuan. Becak ini pun dijadikan objek wisata para wisatawan lokal. Baik itu turis lokal maupun turis mancanegara.

“Jadi objek wisata juga. Kalau ada orang luar datang ke sini, pasti foto-foto. Dan banyak juga yang keliling-keliling saja tanpa tujuan, naik becak ini,” pungkasnya.

REDAKSI, PENGIRIMAN BERITA dan INFORMASI PEMASANGAN IKLAN
HUBUNGI: apakabarsidimpuan@gmail.com.com

READ MORE

STOP-HIV-AIDS

Belum Ada Komentar

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.