Home » Tabagsel » Pelaksanaan Simulasi 3 dan 4 Gladi Bersih Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK ) Di SMK Negeri 1 Barumun Berjalan Sukses

Pelaksanaan Simulasi 3 dan 4 Gladi Bersih Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK ) Di SMK Negeri 1 Barumun Berjalan Sukses

IMG20170306130019 293x220 Pelaksanaan Simulasi 3 dan 4 Gladi Bersih Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK ) Di SMK Negeri 1 Barumun Berjalan Sukses

Siswa SMK Al Huda Antusias Mengerjakan Soal Simulasi UNBK Bidang Studi Bahasa Inggris, Selasa 7 Maret 2017 (Edi’s Image)

Apakabarsidimpuan.com, Palas – Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Padang Lawas sebanyak 13 SMK, 4 SMA, 1 MA, 1 SMP dan 1 MTs Sekabupaten Padang Lawas dipastikan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK ) Tahun Pelajaran 2016 – 2017.

Ada 5 Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) yang terdiri atas SMK Negeri 1 Huristak, SMK Negeri 1 Lubuk Barumun, SMK Swasta Al Habibi, SMK Swasta Pelita Harapan dan SMK Swasta Al Huda Aek Nabara memilih untuk bergabung ke SMK Negeri 1 Barumun sebagai salah satu SMK Penyelenggara UNBK Tahun Pelajaran 2016 – 2017 dari 5 SMK Penyelenggara UNBK di Kabupaten Padang Lawas. Berdasarkan informasi dari laman website UNBK 2017 ubk.kemdikbud.go.id puspendik mengatakan jadwal Simulasi 3 dan 4 ( Gladi Bersih) UNBK Tahun 2017 akan dilaksanakan pada hari Senin 6 Maret 2017 – Selasa 7 Maret 2017.

Simulasi 3 dan 4 ini merupakan bagian dari proses panjang dunia pendidikan nasional untuk melaksanakan dan menyukseskan ujian nasional berbasis komputer. Tujuan dari Simulasi 3 UNBK ini adalah untuk mengenalkan para siswa, guru pengawas, dan proktor beserta teknisi terhadap mekanisme penyelenggaraan ujian dan teknis operasional program UNBK.

Latihan ujian atau simulasi dengan siswa dapat dilakukan setelah prosses sinkronisasi. Dan simulasipun baru bisa dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh server pusat, dalam hal ini server pusat akan dibukan pada jam 8.00 – 16.00 waktu setempat selama latihan semi online ini berlangsung.

Kepala SMK Negeri 1 Barumun, H. Mukmin Saipul Daulay, M. Si, menyampaikan kepada Media Online, Selasa (7/3) ” Sebanyak 484 siswa kini mengikuti simulasi 3 dan 4 UNBK, ada 5 sekolah SMK yang bergabung dengan sekolah kita dikarenakan fasilitas komputer dan jaringan internet di sekolahnya kurang memadai dan mendukung. Walau menggabung di sekolah kita, saya pastikan siswanya tidak mengalami kendala saat menjalankan simulasi, karena notabene seluruh siswanya sudah mahir menguasai komputer “, ujarnya.

Begitu juga dengan halnya dengan penuturan Ketua Panitia dan juga Wakil Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Barumun, Asmal Lubis (red) , menambahkan, Pelaksanaan UNBK Simulasi 3 ini menggunakan 4 ruangan yakni, ruangan lab bahasa dan 3 ruang kelas dengan total peserta UNBK ada 480 siswa, simulasi dibagi menjadi tiga sesi setiap harinya, pada hari pertama mata pelajaran Matematika, dan hari kedua, mata pelajaran Bahasa Inggris.

Sementara itu, Hotlina peserta UNBK asal SMK Swasta Al Huda Aek Nabara ” Mengaku tidak mengalami kesulitan dalam menjalankan simulasi 3 ini, karena kami sudah 2 kali mengikuti Simulasi UNBK, Semoga di hari H ini kami bisa melaksanakan UNBK dengan lancar Pak “. Imbuhnya.

Beberapa peserta simulasi UNBK juga mengaku pengunaan komputer sangat efektif dalan memangkas waktu pengerjaan soal, karena tidak perlu lagi mengisi biodata, dan mengisi jawaban dengan membulatkan lembar kertas jawaban (LJK), kendati ada beberapa kendala saat login, tapi bisa langsung diatasi oleh Operator dan Pengawas ruang.

Diharapkan melalui simulasi ini, setiap peserta menguasai cara menggunakan perangkat lunak komputer dalam menjawab soal-soal yang diberikan. Untuk mendukung proses penyelenggaraan UNBK ini, SMK Negeri 1 Barumun telah menyiapkan 4 Ruang dengan 4 server utama dan 1 server cadangan. Terdapat 40 PC dan Laptop di tiap Ruang. Server dan komputer cadangan juga disiapkan untuk menanggulangi jika sewaktu-waktu dibutuhkan demi kelancaran proses ujian para siswa.

Selama penyelenggaraan Simulasi 3 dan 4 yang telah dilaksanakan Senin 6 Maret 2017 – Selasa 7 Maret 2017, terdapat beberapa kendala yang terjadi di lapangan. Misalnya saja, server pusat yang mengalami kelebihan beban hingga proses singkronisasi dan rilis token menjadi terhambat serta Upload Hasil ujian siswa ke server pusat masih bermasalah. Alhamdulillah semua masalah ini bisa dihadapi dan diselesaikan berkat kerjasama Tim Proktor dan Teknisi UNBK SMK Negeri 1 Barumun dengan koordinasi ke Posko Pusat.

Setelah Simulasi 3 dan 4 ( Gladi Bersih ) dilaksanakan SMK Negeri 1 Barumun sudah siap untuk melaksanakan UNBK yang akan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 3 April 2017 sampai dengan pada hari kamis tanggal 6 April 2017.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Jadwal rencana simulasi 3 UNBK 2017 oleh puspendik. Semoga bermanfaat dan dapat mempersiapkan diri lebih dini untuk memfasilitasi anak didik kita dalam mengikuti UNBK 2017. ( AEH/Red)

REDAKSI, PENGIRIMAN BERITA dan INFORMASI PEMASANGAN IKLAN
HUBUNGI: apakabarsidimpuan@gmail.com.com

READ MORE

STOP-HIV-AIDS

Belum Ada Komentar

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.