1.210 Guru Kab. Padang Lawas Belum Sarjana

Sedikitnya 1.210 guru di Kabupaten Padang Lawas (Palas) belum menyandang gelar sarjana. Jumlah tersebut tercatat dari total 3.027 guru di Palas yang terdiri dari 1.879 guru PNS dan 1.149 guru honor yang mengajar di SD, SMP, SMA dan SMK Negeri se-Palas.

Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kabupaten Palas, Ali Irpan Hasibuan, mengatakan, guru yang bersertifikasi sebanyak 150 orang. Saat ini guru yang melanjutkan pendidikan S1 di Unimed kelas jauh sebanyak 174 orang, sehingga untuk prioritas ke depan, pihaknya akan lebih mengutamakan peningkatan pendidikan mutu SDM guru.

“Bayangkan guru di Palas baru 1 orang yang S2. Padahal sesuai dengan standar kompetensi guru yang sudah ditetapkan Mendiknas, guru harus S1,” ujar Kadis kepada METRO, Jumat (17/12).

Lalu, sambung Kadis, dengan adanya formasi CPNS Palas formasi D II untuk guru sangat disesalkan pihaknya. Sebab, secara otomatis bertentangan dengan standar tersebut dalam memajukan dunia pendidikan.

“Untuk kita ketahui bersama, kelemahan pendidikan di Palas selama ini karena banyak guru yang belum pandai menggunakan laptop dan komputer. Padahal, sudah menjadi program nasional pendidikan one laptop one teacher, yakni satu laptop satu guru agar usia pendidikan SD, SMP, dan SMA pelajar bisa mengoperasikan komputer,” terangnya.

Kendati demikian, lanjut Kadis, pihaknya terus berbenah untuk mewujudkan visi-misi Bupati dalam mewujudkan masyarakat cerdas. “Upayanya adalah dengan mengirimkan guru di Palas untuk mengikuti pelatihan ke Disdik Provinsi dalam komptensi mengajar. Untuk tahun ini ada 100 guru di Palas yang sudah mengikutinya,” tukasnya. (metrosiantar.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  PKK Padang Garugur Raih Juara I

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*