10 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memulai Usaha Kuliner – Bisnis Food Truck

Memulai Usaha Kuliner

Ada yang berpendapat bahwa terdapat tiga jenis industri yang tidak akan pernah mati, yaitu industri hiburan, industri fashion, dan industri kuliner. Kalau anda cermati dari ketiga industri tersebut memang tepat karena ketiganya adalah jenis industri penunjang hidup manusia. Tanpa hiburan anda bisa stress, tanpa fashion anda tidak bisa menutupi aurat sekaligus bergaya, dan tanpa kuliner anda bisa mati kelaparan.

Peluang usaha hiburan, bisnis fashion, dan kuliner menjadi sangat terbuka lebar bagi anda yang berjiwa entrepreneur. Banyak cara yang bisa anda tempuh untuk merintis usaha tersebut, yakni dengan cara online melalui internet dan media sosial, atau dengan membuka outlet di tempat yang strategis.

Dari ketiga industri tadi, industri kuliner menjadi yang sangat mungkin untuk bertahan lama. Karena salah satu prinsip dasar yang dimiliki manusia adalah memenuhi kebutuhan akan makanan untuk bertahan hidup, sebelum memenuhi kebutuhan lainnya. Untuk memulai bisnis makanan pun bisa dibilang sederhana, yaitu dengan memiliki modal yang cukup, kreasi resep hidangan yang lezat, dan tempat usaha yang strategis.

Namun membuka sebuah outlet di tempat yang strategis pun akan ada banyak kendala yang mungkin anda temui. Mulai dari susahnya lahan kosong, mahalnya harga hipotik kepemilikan lahan, bahkan untuk sewa tempatnya pun tidak bisa dibilang murah.

Karena itu banyak para pengusaha yang memilih usaha di jalur online, bahkan sekarang pesan makanan pun bisa lewat media sosial. Solusi lain yang paling memungkinkan adalah numpang tempat, itu juga harus membayar biaya retribusi.

Ada sebuah ide yang mungkin bisa anda pilih untuk memulai usaha kuliner. Yaitu dengan menjajakan makanan menggunakan kendaraan atau lebih dikenal dengan istilah food truck. Cara tersebut merupakan bentuk kreatifitas dalam mengakali kendala lahan yang sempit. Sebuah ide yang brilian karena sebagai bentuk “jemput” pelanggan, dan anda bisa menjajakan usaha ini dimana saja.

Tertarik untuk memulai usaha food truck yang memungkinkan untuk menjemput pelanggan sekaligus berkeliling kota? Berikut adalah 10 hal yang perlu anda cermati sebelum memulainya.

10 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memulai Usaha Kuliner – Bisnis Food Truck

1. Administrasi

Banyak yang bilang kalau urusan administrasi dan lisensi adalah hal yang paling ribet dan berlit-belit. Karena urusan ini banyak terlibat dalam birokrasi, apalagi usaha mobile seperti food truck adalah urusan yang bisa membuat anda bolak-balik sana-sini untuk mengurus izin usaha. Tapi anda harus menyadari kalau urusan ini adalah hal yang paling penting.

Proses mengajukan izin usaha pada dasarnya sama di setiap daerah, anda tidak perlu takut dengan proses yang ribet, ikuti saja aturannya. Persiapkan hak paten dari bisnis milik anda, tujuannya adalah untuk menghindari hal-hal yang bisa merugikan bisnis seperti klaim pihak lain dan kesamaan merk dagang. Anda juga harus mempunyai surat izin mengemudi kendaraan truk karena berdasarkan aturannya setiap pengemudi diharuskan memiliki SIM. Paling enggak SIM A atau SIM B, lah.

Baca Juga :  GOWORK Coworking Space Ruang Kerja Kekinian

2. Modal Usaha

Modal terpenting adalah niat. Setelah niat, pastinya anda juga harus memiliki modal pendanaan. Poin inilah yang paling penting dalam memulai bisnis, karena tanpa adanya modal pendanaan bisnis ini bisa jadi hanya akan tergantung di langit dan angan saja. Anda juga harus bisa menerapkan business plan yang baik untuk kelangsungan bisnis ke depan.

Tidak ada salahnya bahkan sangat direkomendasikan jika anda berkonsultasi pada orang-orang yang sudah berpengalaman di bidang bisnis. Hal ini bertujuan supaya anda tidak membuang-buang banyak uang sebelum memulai bisnis.

3. The Truck

Inti dari bisnis food truck adalah truck-nya, atau kendaraan sebagai sarananya. Anda juga punya pilihan lain misalnya mini-bus, mobil type elf, atau yang paling populer menggunakan VW Combi karena unik, klasik, dan menarik pandangan. Dan kebanyakan yang memulai dari mobil unik ini hingga akhirnya semakin berkembang bahkan hingga berubah jadi bus. Tidak harus baru, bekas pun jadi.

Anda juga harus bijak dalam pengadaan truck karena hal ini akan banyak menghabiskan modal pendanaan. Ditambah jika anda memutuskan untuk memodifikasinya sedemikian rupa, karena proses modifikasi membutuhkan pendanaan yang tidak sedikit. Perhatikan aspek pendukung seperti perabot kitchen set dan kelengkapan lain seperti aksesoris-aksesoris yang anda rasakan bisa mendukung keunikan bisnis food truck-mu.

Pastikan keamaan terjamin, karena penggunaan kompor dan gas di dalam kendaraan harus yakin tidak akan menimbulkan kerawanan. Persiapkan segala hal untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Perencanaan dan Perancangan Produk

Tentukan produk kuliner anda dengan cermat dan seksama. Kategori kuliner yang seperti apa yang akan anda jajakan di food truck. Karena anda butuh ide original yang akan memberikan ciri dan keunikkan pada bisnis food truck sebagai pembeda dengan yang lain. Sudah tentu agar calon pembeli dan pelanggan dengan mudah mengenali produk anda walaupun hanya dengan melihat sekilas.

5. Asuransi

Asuransi di bisnis ini sangat penting juga untuk menghindarkan bisnis anda dari hal-hal yang seharusnya tidak terjadi. Asuransi di sini bisa berbentuk asuransi apa saja, tapi diutamakan adalah asuransi kendaraan yang menjadi poin utama dari bisnis food truck. Selain itu asuransi keselamatan juga penting karena anda akan berkendara menjajakan bisnis kepada konsumen. Sebagai info, para pemegang SIM biasanya sudah mengantongi asuransi keselamatan dari Jasa Raharja.

6. Survei Tempat

Anda juga harus melakukan survei tempat terlebih dahulu. Usahakan mencari tempat yang bisa mendukung kelancaran bisnis food truck seperti taman kota, alun-alun, kawasan perkantoran, dan tempat-tempat strategis lainnya. Kalau perlu anda harus menentukan lebih dari dua tempat, atau tempat yang bisa anda tempati sepanjang hari. Bisnis food truck sangat pas dijalankan di pinggir jalan yang ramai dan strategis.

Anda juga bisa memasukkan kawasan industri dan perkantoran sebagai daftar tempat jelajah bisnis anda. Kalau perlu tawarkan proposal kerjasama dengan mereka, siapa tahu mereka tertarik dan memberikan tempat exclusive untuk bisnis food truck ini.

Baca Juga :  Fasilitas yang Ditawarkan Taksi Blue Bird Pekanbaru

7. Spot Lapak

Setelah anda mendapatkan lokasi yang sesuai keinginan dan kriteria, hal selanjutnya adalah menentukan spot yang cocok untuk menggelar lapak. Pilih spot yang nyaman dan mudah diakses calon pembeli. Perhatikan juga aspek estetika sekitar dan daya tarik pelanggan supaya lapak dagangan tidak mengganggu aktifitas orang lain. Selain itu pemilihan spot lapak yang tepat bisa menjadi faktor laris tidaknya dagangan.

8. Koneksi Ruang Usaha

Karena food truck adalah bisnis yang tidak menetap hanya di satu tempat saja, alangkah bijaknya jika anda bisa membangun koneksi yang baik dengan pelaku usaha lain di sekitar lapak dagangan. Karena hati orang siapa yang tahu. Hal ini lebih merujuk pada tingkat persaingan usaha dengan usaha-usaha yang sudah lebih dulu menempati wilayah dimana lapak dagang dibuka.

9. Promosi

Promosi adalah hal yang paling utama untuk mendatangkan dan mendapatkan pelanggan. Anda bisa menyebar leaflet, pamflet, dan brosur. Atau anda menggunakan pengeras suara untuk mengundang para calon pelangganmu. Selain itu, tempat yang ampuh sebagai tempat promosi adalah media sosial. Manfaatkan facebook, twitter, dan instagram, karena banyak hal yang menjadi viral dari media sosial.

10. Kembangkan Bisnis Food Truck

Terakhir, setelah bisnis food truck milikmu bertahan dan maju segeralah dan jangan menunda untuk mencari ide lain untuk mengembangkan bisnis anda. Variasi produk adalah hal yang sederhana, supaya pelangganmu tidak merasa bosan dengan menu food truck yang itu-itu saja. Atau jika memungkinkan, bukalah food truck yang baru untuk mengekspansi tempat-tempat baru yang bisa anda jadikan sebagai tempat untuk menggelar lapak.

Itu tadi adalah beberapa hal yang perlu anda cermati untuk memulai usaha food truck sendiri. Berpartisipasi dalam bisnis industri kuliner dengan menjajakan kreasi kuliner sendiri. Konon, bisnis food truck ini adalah bisnis yang memberikan mind-set baru untuk para pelaku usaha di bidang kuliner dan yang sedang berkembang di beberapa tahun belakangan. Berminat?

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 2 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*