100 Orang Penyandang Cacat Ikuti Pelayanan dan Rehabilitasi

Foto peserta pelatihan keterampilan

Tapanuli Selatan, Sebanyak 100 orang  penyandang cacat Tapanuli Selatan yang berasal dari 3 kecamatan yaitu kecamatan Batang Angkola kecamatan Sayurmatinggi dan kecamatan Tantom Angkola mengikuti kegiatan pelayanan dan rehabilitasi sosial orang dengan kecacatan melalui Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) Propinsi Sumatera Utara yang dipusatkan di Balai Desa Pintu Padang Kecamatan Batang Angkola Tapanuli Selatan. Jumat. (13/7)

Kegiatan Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial melalui Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) Propinsi Sumatera Utara di buka secara resmi oleh Bupati Tapanuli Selatan H.Syahrul M.Pasaribu yang diwakili Kepala dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Nakertransos) Kabupaten Tapanuli Selatan Drs.Syamsul B.Siregar.

Dalam kata sambutan Kadis Nakertransos Drs.Syamsul B.Siregar, mengatakan bahwa saat ini masih banyak penyandang cacat di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) yang memerlukan perhatian baik keterampilan maupun kesejahteraan yang gunanya membangkitkan bakat dan kreasi agar mereka dapat hidup mandiri.

“Meskipun dirinya cacat, jika memiliki kemampuan untuk mandiri dan memiliki ketrampilan khusus untuk membuat sesuatu yang berharga, maka itu suatu kebanggan terbesar baginya,” ungkap Drs.Syamsul B.Siregar. Namun begitu, anggaran yang dimiliki Pemkab Tapsel sangat minim, sehingga untuk melakukan pembinaan secara keseluruhan sangat tidak mungkin akan tetapi pembinaan dan keterampilan bagi penyandang cacat terus kita bina melalui wadah penyandang cacat yang ada di Tapsel.

Baca Juga :  MA Perberat Hukuman Bendahara Pemda Tapsel

Materi yang diberikan dalam Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) berupa penyuluhan social registrasi, pemeriksaan dan konsultasi medis dan social, bimbingan dan keterampilan khusus, menyediakan alat-alat bantu dan pembentukan kader rehabilitasi social orang dengan kecacatan berbasis masyarakat serta meningkatkan keterampilan praktis bagi penyandang cacat yang mampu berkarya. (ST)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 7 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*