103 Tahun Gugurnya Sisingamangaraja XII Diperingati

Raja yang Merasakan Penderitaan Rakyatnya

Golongan Siraja Batak Parbaringin Malim Marsada dipimpin Amir Sampuara Marpaung bersama anggotanya yang datang dari seluruh Nusantara, memohon perlindungan Tuhan Yang Maha Esa atas tanah dan masyarakat Tobasa agar terhindar dari segala bentuk bencana, dijauhkan dari kebodohan dan pertikaian yang dapat menyengsarakan masyarakat, serta memohon diberi kedamaian, keselamatan dalam menjalani hidup.

Permohonan itu dipanjatkan melalui doa (tonggo) bersama, di lokasi Makam Raja Sisingamangaraja XII di Pagar Batu Balige, Kabupaten Toba Samosir Kamis (17/6), pada acara peringatan ke 103 tahun gugurnya Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja XII.

Sebelum golongan Siraja Batak Parbaringin Malim Marsada berdoa bersama, dan dirangkai dengan acara manortor, seluruh peserta melakukan upacara memperingati 103 tahun gugurnya Raja Sisingamangaraja XII, dengan Inspektur Upacara Kapolres Toba Samosir AKBP Musa Tampubolon.

Ketua Golongan Siraja Batak Parbaringin Mualim Marsada Kabupaten Toba Samosir, Raja Sampuara Marpaung, usai acara memperingati 103 tahun wafatnya Raja Sisingamangaraja XII yang tewas dalam peperangan melawan serdadu Belanda pada tahun 1907 di Desa Sionom Hudon Kabupaten Dairi mengatakan, diusulkan setiap tahun dibuat sebagai agenda tahunan di Tobasa untuk melaksanakan upacara peringatan wafatnya Sang Raja Besar Raja Sisingamangaraja XII di sekolah-sekolah setiap tanggal 17 Juni

Keteladanan Raja Sisingamangaraja XII dinilai bukan hanya karena kemampuan strategi dan memimpin pasukannya berperang. Juga bukan karena memiliki kesaktian yang tinggi pada jaman dahulu. Tetapi Raja Sisingamangaraja adalah sosok pemimpin yang bisa merasakan penderitaan rakyatnya.

Baca Juga :  PLN Kembali Sewa PLTD untuk Sumut

Upacara peringatan yang dihadiri Kajari Balige Timbul Pasaribu, SH, Ketua PN Balige Avrits Siahaan, SH, Sekdakab Tobasa Ir Saibon Sirait, Asisten Pemerintahan Drs Alberth Sidabutar, para pimpinan dan SKPD, Perwira dan anggota TNI/PORLI, LVRI Tobasa, Civitas Akademika UNITA Silangit ditandai dengan mengheningkan cipta, penghormatan kepada arwah Raja Sisingamangaraja XII dan peletakan karangan bunga serta penaburan bunga di Makam Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja XII oleh inspektur upacara.

Sumber: www.batakpos.online.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*