113 Pemilik Kios Tak Jelas Nasibnya ; Relokasi Pedagang Pasar Sukaramai Menuai Masalah Baru

Relokasi pedagang Pasar Sukaramai korban kebakaran, akan menimbulkan polemik baru. Pasalnya Pemerintah Kota Medan ternyata belum melakukan pembahasan mendalam terkait rencana relokasi itu.

Dalam rapat gabungan antara Komisi B, C, dan D DPRD Medan dengan instansi terkait di gedung Dewan, Selasa (19/10) terungkap, Pemko Medan hanya dapat merelokasi 319 pedagang dari 431 pedagang aktif, sedangkan 113 lainnya nasibnya belum jelas. Hal ini dikarenakan lokasi penampungan tidak memadai.

Dalam rapat dipimpin Wakil Ketua DPRD Medan, Ikrimah Hamidi, kalangan dewan menanyakan kesiapan Pemko Medan terkait rencana relokasi.

Melalui Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemko Medan, Harmes Jhoni menyebutkan, Pemko Medan telah membentuk tim khusus untuk penanggulangan korban Pasar Sukaramai yang dipimpin langsung Kepala PD Pasar. Tim ini bertugas melakukan penanganan secepatnya, terutama relokasi pedagang ke lokasi sementara di persimpangan Jalan AR Hakim dan Jalan Sutrisno Medan.

Namun, dari 431 pedagang aktif, ternyata hanya 319 pedaPemko Medan harus serius melaksanakan program ini, agar seluruh pedagang aktif dapat direlokasi.

Politisi Partai Golkar ini mengingatkan, jangan relokasi ini menimbulkan masalah baru karena tidak ada keadilan. Artinya ada yang ditempatkan di kios baru, dan ada yang tidak mendapatkan sama sekali.

Desak

Pimpinan rapat Ikrimah Hamidi juga mendesak agar rencana relokasi pedagang Sukaramai dilakukan dengan baik dan menampung seluruh pedagang aktif. Karenanya, Dewan meminta agar data konkrit jumlah pedagang dapat segera diserahkan sebagai pegangan Dewan dalam mengawasi rencana relokasi.

Baca Juga :  Massa AMPP Desak Kejatisu Selasaikan Kasus Rahudman

Asisten Ekonomi Pembangunan Kota Medan, Harmes Joni memastikan rencana relokasi akan dapat menampung seluruh pedagang aktif. Menurutnya, lokasi penampungan sementara tersebut dapat menampung seluruh pedagang. Rencananya, di persimpangan Jalan AR Hakim dan Jalan Sutrisno akan didirikan kios dengan memakai badan trotoar jalan, namun tidak mengganggu lalulintas.

Pertemuan yang berlangsung lebih daru dua jam itu tidak menemukan kepastian terkait nasib 113 pedagang yang belum tertampung itu.

Kepada wartawan, Harmes Joni menegaskan, seluruh pedagang Pasar Sukarami akan direlokasi ke tempat yang telah ditentukan. Terkait 113 pedagang tersebut, ia memastikan akan didirikan kios-kios di atas trotoar jalan sebagai tempat sementara mereka berjualan.

Sumber: http://www.analisadaily.com/index.php?option=com_content&view=article&id=72793:113-pemilik-kios-tak-jelas-nasibnya-relokasi-pedagang-pasar-sukaramai-menuai-masalah-baru&catid=31:umum&Itemid=143

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*