12 Warga Aek Gambir Terserang Diare

Kamis, 11 Pebruari 2010 – www.metrosiantar.com

diare 02 12 Warga Aek Gambir Terserang DiareSIDIMPUAN-METRO; Imbas dari musim hujan yang terjadi belakangan ini di wilayah Kota Padangsidimpuan (Psp) sekitarnya, menyebabkan 12 warga di Dusun Aek Gambir, Kelurahan Pijorkoling, Kecamatan Psp Tenggara, Kota Psp terserang diare.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Psp melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK), dr Aminuddin kepada METRO, Rabu (10/2) mengatakan, berdasarkan laporan dari warga di Dusun Aek Gambir, ada beberapa warga mengalami sakit aneh. Ketika dilakukan peninjauan pada tanggal 7-8 Pebruari lalu langsung ke lokasi yang hanya bisa di lewati dengan berjalan kaki, karena lokasinya tepat berada di pebukitan Pijorkoling dan penghuninya adalah warga suku Nias yang jumlahnya sekitar 100 kepala keluarga (KK) ini, ternyata warga yang mengalami penyakit diare.

“Ketika tim kesehatan datang ke lokasi dan kita lakukan pemeriksaan, kita ketahui bahwa warga mengalami diare,” ujarnya.

Diterangkannya, kedatangan tim Dinkes Psp ke lokasi bukan hanya sekedar melakukan pemeriksaan, tetapi juga memberikan penyuluhan kesehatan, pembagian oralit, pengobatan gratis kepada masyarakat, dan juga melakukan kaporisasi.

“Sudah kita tangani, mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah bisa sembuh. Umumnya yang terkena ini anak-anak,” ujarnya.

Dijelaskannya, warga terkena diare karena mengkonsumsi air yang tidak bersih. Selain digunakan untuk mandi, air itu juga digunakan untuk mandi hewan ternak milik mereka.

“Pola hidup warga sangat tidak baik, air yang digunakan kebersihannya sangat buruk, makanya diare menjangkiti warga. Makanya kita melakukan penerangan kepada masyarakat agar menggunakan air bersih dan tidak mandi di air yang juga hewan ternak mereka juga mandi,” terangnya.

Adapun warga yang terkena diare dan sudah dilakukan pengobatan oleh tim Dinkes Psp yakni, Ucok (2,5 bulan), Rospita (5 bulan), Orianus (16 bulan), Donny Saputra (13 bulan), Agustri (2), Damai (3), Mislina (4), Rezeki (6), Sonipati (14), Nurayati (28), dan Kamita (40). (phn)

POST ARCHIVE: This content is 8 years old. Please, read this content keeping its age in Mind
google 12 Warga Aek Gambir Terserang Diarefacebook 12 Warga Aek Gambir Terserang Diaretwitter 12 Warga Aek Gambir Terserang Diarelinkedin 12 Warga Aek Gambir Terserang Diareemail 12 Warga Aek Gambir Terserang Diareprint 12 Warga Aek Gambir Terserang Diare

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*