1244 Personil Hansip-Linmas Kawal 622 TPS Pemilukada 2010 di Tapsel

Padangsidimpuan, (Analisa)

Sebanyak 1244 personil Hansip-Linmas Pemkab Tapanuli Selatan dilibatkan mengawal 622 Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah Kabupaten Tapsel 2010 yang akan dilaksanakan 12 Mei mendatang.

Seluruh personil hansip dan Linmas Tapsel tersebut diserahkan terimakan dari Bupati Tapsel Ongku P Hasibuan kepada Polres Tapsel yang diterima Kapolres AKBP Subandriya, SH, MH dalam suatu upacara dipimpin Irup Kapolres Tapsel di lapangan bola kaki PTPN III kebun Hapesong Batang Toru Kabupaten Tapsel, kemarin (17/4).

Dalam amanatnya, Bupati Tapsel Ongku P Hasibuan mengatakan, dari seluruh anggota hansip dan Linmas tersebut 1244 bertugas untuk pengawalan TPS, ditambah personil Hansip dan Linmas dari Kecamatan Kabupaten.

“Seluruh personil Linmas direkrut dari masyarakat desa dan kelurahan se Kabupaten Tapsel yang nanti akan ditempatkan 2 personil Linmas per TPS yang berjumlah 622 TPS, ” kata Bupati.

Lebih jauh ditambahkannya, Kabupaten Tapsel yang terdiri dari 12 Kecamatan, seluruh petugas Linmas tersebut akan diperbantukan untuk PAM TPS guna membantu tugas kepolisian selaku coordinator pada PAM Pemilukada nanti, ” tambahnya.

Sementara itu Kapolres Tapsel AKBP Subandriya, SH, MH mengatakan, Satuan Hansip dan Linmas memiliki peran penting dalam mensukseskan Pemilukada 2010, karena Linmas merupakan pengamanan langsung di TPS-TPS bersama-sama dengan Polri.

Disisi lain kata Kapolres, dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban, dibutuhkan peran serta masyarakat demi sukses dan lancarnya pelaksanaan Pemilukada ini, ” dalam rangka penyelenggaraan Pemilukada 2010 ini, diperluakan situasi dan kondisi Kamtibmas yang kondusif, sehingga masyarakat yang memberikan hak suara di TPS dapat berjalan tertib, aman dan lancar tanpa adanya gangguan Kamtibmas yang berarti, ” tegas Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres menginstruksikan kepada seluruh personil Linmas yang dilibatkan sebagai PAM TPS agar bertanggungjawab terhadap PAM lokasi TPS selama pelaksanaan pemungutan suara, membawa dan mengawal kotak suara serta logistic Pemilu dari dan ke TPS, disiplin dan memahami karakteristik kerawanan daerah serta kerawanan social maupun tata cara buat laporan cepat.

“Lakukan tindakan pengamanan secara terbatas dan prefentif bila terjadi keributan, lapor segera kepada Polri PAM TPS bila terjadi gangguan Kamtibmas di TPS maupun pada saat perhitungan suara, lakukan koordionasi dengan KPPS maupun Polri PAM TPS, ” kata Kapolres.

Usai upacara dilanjutkan dengan penandatangannan serah terima Hansip dan Linmas dari Bupati Tapsel Ongku P Hasibuan kepada Kapolres Tapsel AKBP Subandrya, SH, MH. (ben)

POST ARCHIVE: This content is 8 years old. Please, read this content keeping its age in Mind
google 1244 Personil Hansip Linmas Kawal 622 TPS Pemilukada 2010 di Tapselfacebook 1244 Personil Hansip Linmas Kawal 622 TPS Pemilukada 2010 di Tapseltwitter 1244 Personil Hansip Linmas Kawal 622 TPS Pemilukada 2010 di Tapsellinkedin 1244 Personil Hansip Linmas Kawal 622 TPS Pemilukada 2010 di Tapselemail 1244 Personil Hansip Linmas Kawal 622 TPS Pemilukada 2010 di Tapselprint 1244 Personil Hansip Linmas Kawal 622 TPS Pemilukada 2010 di Tapsel

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*