15 Jam Sehari Memakai Smartphone Picu Kanker Otak?

KOMPAS.com – Menghabiskan 15 jam sehari gunakan smartphone menyebabkan kanker otak. Peneliti dari University of Bordeaux menemukan hubungannya walau ini masih penelitian awal.

Umumnya manusia menggunakan dua setengah jam per hari untuk berbicara lewatsmartphone, namun orang sibuk bisa lebih dari itu, bahkan sampai 900 jam secara total.

Peneliti mengambil kesimpilan dari 253 kasus glioma dan 194 kasus meningioma yang ada di Prancis dari 2004 sampai 2006. Dibandingkan dengan yang sehat, yang menderita meningioma dan glioma diketahui terlalu lama menggunakan smartphone. Maka dicapailah hitungan 15 jam sehari gunakan ponsel pintar menyebabkan kanker otak.

Penelitian yang rilis di jurnal British Occupational and Environmental Medicine ini tampaknya kembali memicu kontroversi apakah smartphone membuat orang menjadi sakit kanker otak. Namun peneliti Roger Salamon mengatakan bahwa tidak perlu panik akan hal ini sebab penelitian masih awal dan cukup sulit menentukan level risiko yang ada sebab smartphoneselalu berubah setiap saat.

Sumber : www.intisari-online.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*