2.500 Hektare Padi Gogo Akan Ditanam Di Padang Lawas

Padi Gogo (Illustrasi)Padanglawas, Berbagai langkah dan strategi terus dilakukan Pemda Padanglawas (Palas) melalui Dinas Pertanian guna menjaga ketahanan pangan di daerah ini. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memproyeksikan penanaman padi gogo secara besar-besaran.

Berbicara kepada Analisa, Kadis Pertanian Palas Ir Abdullah Senin (11/1) di kantornya menjelaskan, untuk tahun 2016 ini, Dinas Pertanian akan menggalakkan penanaman padi gogo seluas 2.500 hektare. Tanaman padi gogo itu akan dikonsentrasikan di dua kecamatan yakni Kecamatan Sosa dan Kecamatan Hutaraja Tinggi.

“Dari yang kita proyeksikan tahun ini, paling sedikit ada 2.500 hektare tanaman padi gogo akan kita galakkan,” kata Abdullah.

Abdullah mengatakan, penanaman padi gogo tersebut selain untuk menjaga ketahanan pangan untuk daerah Palas khususnya, juga mengimbangi karena makin minimnya areal persawahan di Palas. Sehingga padi gogo adalah salah satu solusi untuk tetap bisa menjaga ketahanan pangan di daerah ini.

“Hampir tiap tahun areal persawahan terus berkurang karena terjadinya alih fungsi lahan menjadi areal perkebunan kelapa sawit. Jadi salah satu solusinya adalah dengan menanam padi gogo. Karena padi gogo itu hidup di darat dan tidak perlu pengairan melalui saluran irigasi,” kata Abdullah.

Ketika ditanyakan bagaimana alur dan proses penanaman padi gogo seluas 2.500 hektare tersebut, Abdullah mengatakan arealnya tetap swadaya atau milik masyarakat. Namun benih, obat-obatan, dan pupuknya akan diperjuangkan diberikan kepada masyarakat petani padi gogo secara cuma- cuma.

Baca Juga :  Pergeseran Budaya Kian Merisaukan

Dengan bantuan swadaya tersebut, diharapkan masyarakat bisa lebih giat dan sungguh-sungguh untuk memaksimalkan hasil panennya.

“Dengan biaya sendiri saja petani kita mau bercocok tanam padi gogo, kenapa tidak kita bantu sekalian agar hasil panennya bisa lebih maksimal,” kata Abdullah sembari menambahkan mulai dari penanaman hingga panen nanti akan terus diawasi agar hasilnya bisa lebih baik dan maksimal.

Panen Perdana

Abdullah mengatakan, lebih kurang satu bulan lagi ribuan hektar padi gogo di 11 desa di Kecamatan Sosa akan dilakukan panen perdana. Padi gogo tersebut adalah swadaya masyarakat yang selama ini memanfaatkan lahan kosong yang tidak bisa dialiri air lagi dan menanami di antara pohon-pohon kelapa sawit.

“Harapan kita dengan program padi gogo ini, Palas yang sebelumnya pernah menjadi lumbung padi karena luasnya aeal persawahan ketika itu, paling tidak ke depan untuk ketahanan pangan daerah ini bisa tetap terjaga sesuai dengan program pemerintah pusat dan Pemda Palas,” ujar Abdullah. (ats)


(Analisa).

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 7 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*