20 Cara Mendongkrak Google+

TEMPO Interaktif, Jakarta – Google+, jejaring sosial besutan Google, kini berkembang cepat. Mau belajar untuk tak ketinggalan dengan mainan baru dari Google ini? Mari ikuti 20 tipnya.

1. Bergabung dengan Google+

Sebenarnya banyak yang sudah menulis tip bagaimana memulai Google+. Salah satunya adalah blogger Kristi Hines yang menulis tip dia www.socialmediaexaminer.com pada 5 Juli lalu. Tip tersebut mudah diikuti bagi pemula.

Di dalamnya ada petunjuk dasar, bagaimana membuat profil, menambah jaringan, dan membaut circle hingga mengatur arus di lini masa Anda.

2. Terikat dan terus belajar

Mau tahu ada apa saja di Google+, semua informasi tersedia di Internet, terutama di media sosial. Di Twitter saja tersedia informasi tentang Google dalam bentuk Google plus tip. Simpan tip tersebut dan sempatkan mencoba.

3. Lihat dan pelajari

Lihatlah ribuan video tentang Google+ di Youtube. Vide-video yang diunggah ke situs YouTube. Mulai dari Google+ games, Google+ lagu, hingga ada apa di Google+.

4. Gunakan Google+help

Penggunaan menu “help” membantu untuk belajar ada apa di Google+. Misalnya bagaimana mengunggah dan membagi foto di Google+. Menu “help” juga membantu kebaruan di Google+.

5. Isi menu minat atau “interest” di bawah fitur “Sparks”

Masukkan menu “add interest” di arus (stream) Google+ Anda. Lihat dan alami keajaiban yang diberikan Google+ tentang informasi minat dan kesukaan Anda hanya dengan menambahkan “add interest”.

6. Menjadi pembaca Google+ yang tamak

Bacaan tentang Google+ tampaknya segera hadir di situs Amazon. Lalu tak lama kemudian muncul buku petunjuk dalam bentuk e-book di Kindle.

Baca Juga :  Cara Mudah Membuat File PDF

7. Buatlah semudah mungkin

Cetak dan bagikan tip-tip penggunaan fitur-fitur Google+. Kata kuncinya kalau mau mencari di Google adalah “Google+ cheat sheet”.

8. Menjadi seorang Google+ insider

Bergabung dalam Google+ insider akan memberi keuntungan bagi Anda untuk mendapat kabar terbaru dan tip-tip langsung dari Google. Di dalamnya banyak cara untuk belajar Google+, mulai dari How-to, add-ons, pembaruan, hingga bermain dengan Google+.

9. Baca Google+ planet

Blog tidak resmi ini memberikan gambaran fitur-fitur terbaru di Google+.

10. Menjadi pengguna Google+ yang cerdas

Mendaftarlah untuk mendapatkan preview dari perkembangan terbaru sistem dasar (platform) Google+. Dengan bergabung Google+ Platform Preview, Anda akan mendapat perkembangan terbaru sebelum fitur tersebut diluncurkan ke publik.

11. Pelajari Google+ Social Statistic

Lihatlah posisi tokoh-tokoh dunia di Google+ social statistic. Anda dapat melihat siapa saja orang yang berada di 100 orang teratas di Google+ dan mencari posisi Anda. Lihatlah tokoh-tokoh teratas tersebut dan amati kenapa mereka bisa masuk dalam jajaran teratas dari postingan-postingannya.

12. Menjadi bagian tanya-jawab

Bacalah bagian tanya-jawab Google+. Di dalamnya terdapat 11 pertanyaan terbaik tentang Google+ dan 277 pertanyaan terbuka lainnya serta tip memasarkan produk di Google+.

13. Tunjukkan akun Google+ Anda

Promosikan akun Google+ Anda dengan meletakkan widget di blog atau website Anda.

14. Gabungkan Google+ dengan Facebook

Sambungkan Google+ ke Facebook dengan menambahkan lini masa Facebook di arus Google+ Anda.

15. Gunakan Google+ mobile

Gunakan Google+ untuk versi pesawat seluler. Anda dapat mengirimkan pesan melalui pesawat seluler di mana pun berada.

Baca Juga :  Google Incar Pendapatan dari UKM

16. Gunakan Google+ tweet

Integrasikan Twitter dengan Google+ dengan mengklik Get Google+tweet.

17. Terlibat aktif secara sosial di Google+

Bergabung dengan grups di Google+ adalah cara termudah untuk aktif bersosialisasi.

18. Temukan siapa saja yang sudah bergabung ke Google+

Fitur populer “user-curated list on Google+” membantu Anda mencari siapa saja yang sudah bergabung dengan jejaring ini. Buatlah daftar Anda sendiri untuk mengkelompok-kelompokan orang dalam jaringan Anda.

19. Buatlah Google+ Anda pendek dan bersahabat

Memendekkan link dalam arus Google+ bisa dilakukan dengan mengklik “gplus.to”.

20. Perhatikan tips khusus dari Google+ untuk pebisnis

Google+ bisa dijadikan ajang promosi. Tapi ingat memasang orang untuk menjadi brand ambassador perusahaan Anda dan memasarkannya di Google+ perlu hati-hati. Ini saran dari Manajer Utama Google Christian Oestilien: Gunakan profil konsumer dari seseorang yang nyata di perusahan Anda. Artinya. orang yang benar-benar berniat mewakili organisasi Anda di Google+ hingga bisnis dapat meraih untung.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*