20 Daerah di Sumut belum Terima Raskin

MEDAN: Sebanyak 20 kabupaten/kota di Sumatra Utara (Sumut) belum menerbitkan Surat Permintaan Alokasi (SPA) beras untuk masyarakat miskin (raskin) untuk Mei 2010. Akibatnya, pendistribusian ke daerah belum bisa dilakukan Bulog.

“Kami tidak tahu mengapa 20 kabupaten/kota ini untuk Mei belum menerbitkan SPA. Apakah karena sebagian melakukan Pemilukada atau hal lainnya, tidak ada penjelasan,” kata Humas Bulog Divisi Regional Sumut Rusli, Kamis (20/5).

Daerah yang belum ada SPA, antara lain, Medan, Tebingtinggi, Deliserdang, Serdang Bedagai, Dairi, Simalungun, Tobasamosir, Samosir, Humbang Hasundutan, Padangsidimpuan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Sibolga, Tapanuli Tengah, Nias, Gunungsitoli, Nias Utara, dan Nias Barat. Bulog per tanggal 17 Mei 2010 telah mendistribusikan sebanyak 44.207 ton raskin.

Rencana pendistribusian sebanyak 62.877 ton yang disalurkan kepada 838.353 Rumah Tangga Sasaran (RTS) atau 70,31 persen. Rusli mendesak kepada seluruh pemerintah kabupaten kota yang belum menertibkan SPA agar segera mengajukan.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kota Medan Eka R Yanti Danil mengatakan penganekaragaman konsumsi pangan alternatif dapat mengurangi ketergantungan konsumen pada satu jenis pangan yaitu komoditi beras per kapita di Indonesia sebesar 139,15 kilogram per tahun.

“Salah satu strategi nasional untuk menurunkan konsumsi beras yang saat ini sedang dikampanyekan pemerintah adalah satu hari tanpa beras”,” tuturnya. Jika ini dapat dilaksanakan di Kota Medan satu kali dalam satu minggu tidak mengkonsumsi beras, maka beras yang dapat dihemat 20,16 kilogram per kapita per tahun.

Baca Juga :  Kapolres Madina : 12 Orang Tersangka 10 orang DPO

Dengan jumlah penduduk sebesar 2.121.053 jiwa, maka konsumsi beras di Kota Medan dapat dihemat sebesar 42.760 ton per tahun. Menurut Eka, kebutuhan pangan alternatif dapat diperoleh dari pemanfataan pekarangan maupun melalui media pot, seperti tanaman ubi, keladi, cabai, dan tanaman lainnya. (BS/OL-04)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com/read/2010/05/20/143970/126/101/20-Daerah-di-Sumut-belum-Terima-Raskin

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*