20 November, PDI-P Tutup Penjaringan Balon Bupati Tapsel

Sabtu, 14 November 2009 – www.metrosiantar.com

Kiri ke kanan: Masbulan, Isrok Anshari Siregar, Muara P Siregar, para pengurus PDI-P Tapsel dan Ketua tim penjaringan, Riswan Tanjung (paling kanan) saat konfrensi pers.

SIDIMPUAN-METRO; Tanggal 20 November 2009, pendaftaran/penjaringan dan penyaringan bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati di DPC PDI-Perjuangan (PDI-P) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) menyongsong Pilkada Tapsel 2010 akan ditutup.

“Pendaftaran/penjaringan dan penyaringan Balon Bupati dan Wakil Bupati telah dibuka sejak tanggal 10 Oktober lalu,” ujar Ketua DPC PDI-Perjuangan Tapsel, Isrok Anshari Siregar di dampingi Sekretaris dan Bendaharanya, Masbulan Nasution SH dan Muara P Siregar, para Wakil Ketua dan Wakil Sekretaris serta Ketua dan Sekretaris Tim Penjaringan, Drs Riswan Tanjung dan Insan Mei Rangkuti dalam konfrensi persnya di sekretariat penjaringan di Kantor DPC PDI-Perjuangan Tapsel, di Jalan Marwar, Kecamatan Psp, Kota Psp, Jumat (13/11) kemarin.

Penjaringan balon Bupati dan Wakil Bupati dilaksanakan PDI-P Tapsel, ucap Isrok berdasarkan SK DPP PDI-Perjuangan nomor 424/KPTS/DPP/X/2009 tentang Jutlak Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dan Surat DPD PDI-P Sumut Nomor 577/IN/PLH-DPD/X/2009 perihal intruksi untuk proaktif dalam pelaksanaan pilkada. Tahapan nantinya, setelah pendaftaran ditutup, tim verifikasi adminsitrasi dan ideologi yang terdiri dari 5 orang, 3 dari DPC (Darma Setiawan Siregar, S Togi Ritonga, dan Masroida Siregar) dan 2 dari DPD (belum diputuskan siapa, red) akan melakukan tugasnya terhadap para balon yang mendaftar.

Usai diverifikasi, dilaksanakan rapat kerja cabang khusus mengundang ketua dan sekretaris Ranting, Pengurus PAC, dan DPC untuk melakukan penilaian dan pembobotan terhadap tiap balon sekaligus penyampaian visi-misi balon. Usai di tingkat DPC, akan dibuat rekomendasi bersama nilai bobot semua balon yang mendaftar untuk diteruskan ke DPD dan di DPD inilah nantinya akan diciutkan, minimal 2 balon atau pasangan balon untuk direkomendasi ke DPP untuk penetapan finalnya siapa nantinya yang akan diusung.

Baca Juga :  Nomor Induk Kependudukan Bodong Di DPT Padang sidimpuan

Dijelaskannya, sejak pendaftaran dibuka, memang sudah ada yang mendaftar, ada yang mendaftar sebagai balon Bupati (tanpa pasangan) saja dan ada 1 pasangan balon Bupati dan Wakil Bupati yaitu tanggal 14 dan 15 Oktober lalu.

“Tapi mohon maaf, sesuai aturan partai, nama-nama yang mendaftar itu akan kita umumkan secara luas nanti tanggal 21 November, setelah pendaftaran ditutup,” terangnya.

Dijelaskannya, PDI-P melakukan penjaringan untuk menyampaikan informasi bahwa ada proses yang dilakukan sebelum PDI-P mengambil sikap siapa yang akan diusung nantinya di 2010 mendatang. “PDI-P terbuka untuk siapapun,” tegasnya.

Situasi politik jelang pilkada 2010 mendatang, ungkap Anshari, saat ini terlihat masih dingin-dingin saja. Padahal pagelaran akbar pesta demokrasi rakyat langsung tersebut bisa dikatakan sudah di ambang pintu. Sementara, dari jumlah kursi PDI-P di DPRD Tapsel saat ini hanya 3 kursi saja, maka PDI-P wajib berkoalisi dengan partai lainnya untuk bisa mengusung satu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati di pilkada Mei 2010 mendatang. Saat ini, tuturnya, komunikasi dengan parpol untuk sama-sama mengusung satu pasangan calon sudah dilakukan, namun belum menciut dan mengambil komtimen sepakat.

Disinggung apakah masih ada balon lain yang berkeinginan meminang PDI-P di luar yang sudah mendaftar, disebutkan Isrok, sudah ada melalui pengurus parpol dan lisan, namun tetap saja secara resmi belum ada yang memasukkan berkasnya ke tim penjaringan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Beberapa figur ada secara lisan, namun belum mendaftar,” sebutnya.

Baca Juga :  Malang Benar Nasib Kampung Soetan Sjahrir

Sosok balon yang diinginkan PDI-P nantinya, pungkas Isrok, pasangan balon yang akan diusung oleh PDI-P, selain ikut berperan aktif menyahuti aspirasi DPI-P, siap membantu membesarkan PDI-P dan lainnya, juga harus memiliki jiwa entrepreneurship, memiliki visi-misi yang jelas dan tegas membangun Tapsel ke depan dan hal lainnya. (neo)

PostLink: https://apakabarsidimpuan.com/2009/11/20-november-pdi-p-tutup-penjaringan-balon-bupati-tapsel/

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*