20 tips Membuat Daya Baterai Laptop Anda Tahan Lebih Lama

laptop studio 15 design5 20 tips Membuat Daya Baterai Laptop Anda Tahan Lebih LamaTips 1. Defragmentation:
Defragmentasi secara berkala membuat data Anda diatur dalam susunan yang lebih sistematis yang membuat kerja harddisk lebih sedikit untuk mengakses semua data. Pergerakan Hard Drive Semakin cepat, membuat beban kerja yang lebih minimal pada baterai sehingga akan membantu baterai Anda tahan lebih lama.

Tips 2. Mengurangi Proses:
Cobalah untuk mengurangi proses latar belakang yang tidak diperlukan. Pantau berapa banyak sumber daya dengan bantuan Windows Task Manager (di Windows). Bila anda tidak menggunakan internet, Sangat aman untuk menghentikan program yang berjalan di taskbar seperti antivirus dan atau firewall.  Atur program yang berjalan selama start-up dengan menjalankan –  msconfig – dari Run. Unclick program yang tidak diperlukan  dan restart komputer sekali.

Tip 3. Jalankan Scheduled Tasks untuk hal yang penting:
Program-program seperti defragmentasi atau scan virus harus-nya dijadwalkan dengan Scheduled Tasks.

Tip 4. Cabut Perangkat Eksternal bila tidak diperlukan:
Perangkat USB eksternal adalah pengguna terbesar daya baterai. Cobalah untuk mencabut perangkat eksternal seperti mouse eksternal, kartu PC, Wi-Fi, speaker eksternal, Bluetooth, Pen drive, portable hdd dan iPod.

Tip 5. CD / DVD Drives harus Vaccant:
Cobalah untuk menutup CD-DVD Rom tray ketika tidak diperlukan. Juga tidak meninggalkan CD / DVD dalam drive. Sebuah disk berputar di dalam drive dapat mengekstrak daya dari baterai Anda.

Tip 6. Gunakan Perangkat lokal:
Hindari penggunaan DVD ROM / drive eksternal yang umumnya boros daya. Anda dapat mentransfer konten ke hard drive dan kemudian jalankan program semavam virtual drive seperti Pismo File Mount, Alkohol 120%, Daemon atau bahkan Microsoft Virtual CD ROM Control Panel.

Tip 7. Periksa Resolusi Layar Anda:
Mengurangi kecerahan Pada Layar Anda dapat meminimalkan Pemakaian Daya Baterai

Tips 8. Atur Sounds:
Cobalah mengatur volume speaker pada pemakaian baterai yang lebih baik. Matikan skema Volume terinstal yang dapat mengurangi masa pakai baterai Anda.

Baca Juga :  Situs Jejaring Sosial MySpace Dijual

Tip 9. Non Aktifkan Screensaver:
Untuk Ketahanan Daya baterai terbaik, nonaktifkan-lah screensaver anda.

Tip 10. Hindari Glossy terlihat:
Sistem operasi Windows Vista menggunakan fitur generik seperti ‘Aero Glass’ yang boros sumberdaya, Bila anda ingin baterai anda dayanya maximal, aturlah tampilan ke Gaya CLASSIC WINDOWS. Sedangkan sistem operasi seperti Linux dan Macintosh, mereka sudah lebih baik dioptimalkan untuk menyediakan masa pakai baterai lebih lama dan kuat.

Tip 11. Gunakan Power Option:
Baik Windows XP dan sistem operasi Windows Vista terdiri dari fitur-fitur manajemen daya tingkat lanjut yang membantu Anda untuk mematikan komponen seperti monitor atau hard drive untuk waktu tertentu sedang.

Tip 12. Gunakan Hibernate Mode:
Modus hibernate harus diterapkan sehingga komputer dapat menyimpan keadaan sekarang (default) dan mematikan dirinya sendiri sehingga benar-benar menghemat Daya Baterai.
Tip 13. Bekerja pada Program yang disyaratkan:
Genggunakan aplikasi grafis yang berorientasi pada tingkat minimum. Anda juga dapat menambah masa Daya baterai hanya dengan membuka yang diperlukan satu atau dua saja secara bersamaan.

Tip 14. Penggunaan RAM (RAM Usage):
Sistematis penggunaan RAM yang lebih rendah adalah beban pada Virtual memory yang benar-benar bekerja untuk hard drive. Jika Anda amati, penggunaan RAM mengarah ke lebih banyak daya, yang juga meningkatkan seluruh supply dengan mengurangi akses ke power observer hard drive.

Tip 15. Kebersihan adalah Wajib:
Sebuah laptop dengan debu dan kotoran yang banyak menghasilkan panas lebih yang dapat mengurangi masa pakai baterai. Jadi dengan membersihkan ventilasi udara akan membantu Anda untuk menjaga temperatur operasi yang rendah. Cobalah untuk membuka ruang di dekat ventilasi supaya udara beredar dengan bebas. Juga menjaga daerah di dekat laptop lebih bersih untuk menghindari debu.

Tip 16. Faktor Suhu:
panas yang berlebihan dapat mengurangi masa pakai baterai dengan perlahan tapi pasti. Hindari membuka laptop di bawah sinar matahari langsung atau di dalam mobil yang tertutup.

Baca Juga :  Pajak Rp. 5 Triliun Lebih, Google Berkelit

Tip 17. Efek Memori:
Memori efek terkait dengan hilangnya daya baterai ketika terus-menerus diisi ulang setelah sebagian habis. Baterai Li-Ion sangat Bagus untuk masalah Jadi Bila Baterai Anda adalah model lama macam Ni-MH… yah gantilah…

Tip 18. Update Kriteria:
Mungkin kedengarannya agak aneh tapi, tapi driver dan SOFTWARE pada dasarnya dirancang untuk menjadi lebih efisien dan penggunaan daya baterai lebih sedikit. jadi cobalah selalu meng-update software yang anda perlu pada versi-versi yang paling baru… khususnya DRIVER dan UTILITIES

Tip 19. Teliti Adapter Power Anda:
Pastikan bahwa adaptor yang Anda gunakan untuk pengisian baterai laptop adalah spesifikasi yang benar asli. Adapter yang tak sesuai dapat menyebabkan overload atau semancamnya yang juga dapat merusak laptop dan baterai.

Tip 20. Paketkan Pekerjaan Anda:
Jika Anda telah membuat keputusan untk tidak menggunakan baterai laptop selama beberapa waktu, maka pastikan bahwa muatan baterai harus 40% dan kemudian Anda bisa lepaskan baterai dan simpan di tempat yang dingin dan  tempat yang kering.

NB: Sebuah baterai lithium ion yang normal memiliki Ketahanan rata-rata dari hampir 2-3 tahun. Dengan bantuan beberapa trik dan ke-hati-hati-an, kerusakan dapat diminimalisir.

Oleh: Pahompu Hutauruk

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

  1. Tips yang bagus dan sangat berguna…. pantas saja Laptop ku 1/5 jam saja dah lelet…. terimakasih buat tips na bang……

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*