75 Santri Darul Mursyid Diusulkan Masuk 25 PTN

www.metrosiantar.com

Sebanyak 75 santri Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursyid (PDM) diusulkan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur Panduan Minat dan Prestasi (PMP). Dan 8 di antaranya sudah dinyatakan lulus.

Direktur PDM, H Jafar Syahbuddin Ritonga MBA, didampingi Wakil Direktur PDM, Drs H Syarifuddin Nasution, mengatakan, 104 santri PDM kelas III sudah selesai mengikuti Ujian Nasional (UN).

Dari 104 santri tersebut, ada 75 santri yang diusulkan masuk ke 25 PTN bebas tes tersebut, dan sudah ada yang dinyatakan lulus yaitu Winni Rambe ke IPB, Nur Astuti, Rahminawati dan Siti Fatimah ke Universitas Sudirman, Fahri Bangsawan dan Syahni Syuhadi ke UIN Jakarta serta Nurjamiah dan Syaiful Anwar ke USU.

Jafar menambahkan, 25 PTN yang memberikan brosur penerimaan calon mahasiswa baru jalur PMP tersebut antara lain USU, IPB, ITS, Undip, UGM, Universitas Jember, ITB, Brawijaya, Polmed, UNJ Jakarta, UNI Jakarta, Unanad, Universitas Negeri Padang (UNP), Unsri dan lainnya.

Untuk tahun lalu, lanjut Jafar, sekitar 70 santri yang diusulkan masuk ke berbagai PTN melalui jalur PMP dan 35 santri dinyatakan lulus dan belum lagi dihitung yang lulus PTN melalui SPMB atau tes.

Soal penerimaaan calon santri baru di PDM, ungkap Jafar, tidak ada ubahnya dengan tahun lalu, yakni ada dua jalur yakni jalur PMP dan jalur tes juga. Kalau tes, calon santri harus mengikuti tes matematika, tes kesehatan dan tes lainnya. Di tahun lalu, untuk tingkat MTs ada 300 yang mendaftar namun yang diterima sebanyak 240 santri sedangkan santri MTs yang akan diterima untuk tingkat MA sebanyak 120 santri.

“Mudah-mudahan, para santri MA kelas III yang akan lulus UN bisa diterima semuanya di PTN ternama se-Indonesia ini,” pungkas Syarifuddin Nasution sembari menuturkan sejumlah PTN belum mengeluarkan pengumuman hasil penerimaan calon mahasiswa baru jalur PMP. (neo)

Author: Moline

Administrator, sekumpulan orang yang suka melompat-lompat dari Warnet satu ke Warnet yang lain untuk mengembangkan BLOG ini dan dari Pekerjaan yang satu ke Pekerjaan yang lain-nya untuk membiayai BLOG ini makanya kami menyebut diri kami MoLine alias Monyet Online https://apakabarsidimpuan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *