Pemkab Kesulitan Tertibkan Tambang Illegal

MADINA- Pemkab Madina mengaku sangat kesulitan menertibkan keberadaan ilegal gold mining atau tambang emas ilegal dan galundungnya yang dikerjakan sebagian masyarakat di sejumlah Kecamatan di Madina. Pasalnya, beberapa kali telah dicoba dimbau, tetapi tetapi tak pernah berhasil.

Dikatakan Kepala Dinas Pertambangan dan Energy Pemkab Madina, Drs Sahnan Pasaribu MM melalui Kabid Geology, M Affan, Senin (13/6) Pemkab Madina bukan tidak respon terhadap kondisi dan situasi masyarakat yang banyak resah akibat maraknya operasi tambang emas ilegal di Madina terutama di Kecamatan Hutabargot. Selain bahaya longsor, juga bahaya limbah Galundung. Pasalnya, para penambang mengolah batu yang mengandung emas itu di galundung yang menyebar di tengah-tengah pemukiman masyarakat, padahal limbahnya dibuang begitu saja ke sungai-sungai yang dipakai warga sekitar.

Dikatakan Affan, pihaknya telah berulang kali mengingatkan masyarakat penambang untuk menghentikan operasi tambangnya mengingat bahaya yang akan ditimbulkannya. ”Kami bukan tak ada tindakan, bahkan kami telah belasan kali melakukan sosialisasi dengan mengimbau penambang untuk menghentikan operasinya. Tetapi para penambang tetap juga tak mengindahkannya, bahkan penambang menganggap kami merusak pekerjaan mereka,” ujar Affan.

Ditambahkannya, pihaknya bukan hanya melakukan sosialisasi terhadap masyarakat, tetapi pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan Muspida plus di Mapolres Madina dengan mengundang tokoh-tokoh masyarakat bertujuan supaya tokoh-tokoh masyarakat turut mengimbau warga penambang supaya menghentikan pekerjaan tambang itu.
”Setidaknya keberadaan mereka tidak meresahkan masyarakat, maka direncanakan dibuat lokasi khusus, tetapi penambang tetap tak mau menyikapinya dan tetap melakukan pekerjaan ini,” katanya.

Bahkan, kata  M Affan, warga sempat mau melakukan perlawanan saat pihaknya mendatangi wilayah tambang maupun ke mesin galundung yang ada di sekitar Panyabungan. Untuk saat ini, Pemkab Madina melalui Dinas Pertambangan sementara ini hanya bisa mengimbau saja dan tak bisa berbuat banyak dalam menuntaskan persoalan tambang ilegal dan mesin galundung yang telah menjamur di sekitar Kota Panyabungan. (wan/mer)

Sumber: metrosiantar.com

Author: Moline

Administrator, sekumpulan orang yang suka melompat-lompat dari Warnet satu ke Warnet yang lain untuk mengembangkan BLOG ini dan dari Pekerjaan yang satu ke Pekerjaan yang lain-nya untuk membiayai BLOG ini makanya kami menyebut diri kami MoLine alias Monyet Online https://apakabarsidimpuan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *