Toge Panyabungan Bukaan Puasa Khas Panyabungan

Pedagang musiman atau yang lebih sering disebut dengan pedagang Ramadhan pada hari ketiga Ramadhan 1432 H terlihat sudah memadati areal parkir Pasar Baru Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Rabu (03/08/2011).

Pedagang bukaan yang menjual makanan berbentuk jajanan sampai makanan yang berbentuk lauk pauk untuk teman berbuka puasa menggelar dagangan di areal parkir Pasar Baru. Seperti tahun-tahun sebelumnya, makanan yang selalu menjadi favorit bagi masyarakat Kota Panyabungan adalah Toge Panyabungan.

Toge Panyabungan ini sudah terkenal sampai ke luar negeri dan juga telah dianggap sebagai makanan ciri khas kota santri atau di sebut juga Serambih Makkahnya Provinsi Sumatera Utara ini.

Nur, salah seorang pedagang bukaan yang selalu berdagang pada bulan Ramadhan ketika dikonfirmasi wartawan menyatakan, pedagang bukaan yang selalu berdagang pada bulan suci Ramadhan merasa berterima kasih kepada Pemkab Madina yang telah memberikan tempat bagi mereka pedagang musiman yang  spesial berdagang untuk menjual makanan bukaan bagi yang menunaikan ibadah puasa.

“Seperti biasa setiap tahunnya saya selalu berdagang bukaan puasa seperti kue bika bakar khas Kayu Laut, kue bongko dan yang paling spesial yaitu Toge Panyabungan, sebab seperti yang sama-sama kita ketahui Toge Panyabungan sudah menjadi makanan khas Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal,” ujar Nur.

Masih kata Nur, setiap harinya ia bisa menjual ratusan bungkus Toge Panyabungan dan masa berjualannyapun beberapa jam saja. “Saya sangat bersyukur sebab dari hasil dagang bukaan ini saya bisa membantu orang tua dan adik adik saya untuk menghadapi Lebaran,” ujar Nur. (BS-026)

(beritasumut.com)

Author: Moline

Administrator, sekumpulan orang yang suka melompat-lompat dari Warnet satu ke Warnet yang lain untuk mengembangkan BLOG ini dan dari Pekerjaan yang satu ke Pekerjaan yang lain-nya untuk membiayai BLOG ini makanya kami menyebut diri kami MoLine alias Monyet Online https://apakabarsidimpuan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *