2014, KRL Kelas Ekonomi Akan Dihilangkan

PT Kereta Api Indonesia  berencana menerapkan sistem commuter line untuk Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek. Untuk tahap awal penerapannya baru dilakukan dalam tahap single operation yang telah diujicobakan Sabtu 18 Juni 2011.

Sementara untuk single class, single tarif, dan single tiket, baru akan diterapkan selanjutnya. Single class akan menjadikan KRL yang beroperasi hanya satu kelas dan tidak akan ada lagi perbedaan kelas seperti saat ini, seperti kelas ekonomi, Ekspress, atau AC-Ekonomi

“Kita ingin menerapkan sistem commuter line sesungguhnya. Commuter line itu punya sifat single operator, single class, single tarif, dan single tiket. Sistem itu ke depan akan kita jalankan, sehingga pelaksanaannya bisa lebih baik,” kata Kepala Daerah Operasi I PT KA Purnomo Radiq dalam diskusi Asosiasi Penumpang Kereta Api (Aspeka) ‘Kelayakan Penerapan Single Operation KRL Jabodetabek’ di Gedung Ranuza, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (20/6/2011).

Dia menambahkan setelah diterapkan sistem single operation pada 2 Juli mendatang, selanjutnya sistem single class diterapkan 2014. Namun untuk tarif commuter line masih akan dirundingkan lagi dengan pemerintah. “Perubahan yang ingin dilakukan single operation dulu, pada 2014 baru single class, yang akan kita mulai perubahan, ini beban yang mendasar sekali,” imbuhnya.

Purnomo mengungkapkan PT KA akan mengubah pelayanan ke arah yang lebih baik, seperti kapasitas daya angkut. “Untuk masalah harga yang mahal dengan penerapan ini, harus ada perbandingannya apa ada yang lebih mahal dari kereta api. Semua harus bertanggung jawab terhadap perbaikan sistem ini,” jelasnya.

Baca Juga :  Lepaskan Koruptor Rp 1,2 Triliun, Hakim Tak Punya Harga Diri

Tahun ini, rencananya PT KA ada tambahan sebanyak 130 unit, dan delapan unit gerbong kereta yang merupakan sumbangan dari pemerintah.  “Nantinya tidak ada lagi KRL ekspres, tapi nanti akan diubah dengan berhenti disemua stasiun yang ada,” kata Makmur Syaheran, Corporate Secretary PT. KAI Commuter Jabodetabek.(okezone.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*