2016, Dana Desa Palas Rp234 Miliar

Padanglawas, Untuk TA 2016 nanti, diperkirakan dana yang akan digelontorkan ke seluruh desa di Kabupaten Padanglawas (Palas) sebesar Rp 234 miliar lebih. Besarnya dana yang akan dikucurkan tersebut membuat anggaran desa lebih besar dari anggaran kecamatan.

Dana Rp234 miliar tersebut terdiri dari dana Alokasi Dana Desa (ADD) sepuluh persen dari DAU, ditambah lagi  kucuran dana Desa dari APBN melalui Kementerian RI yang jumlahnya mencapai Rp178 miliar.

Sedangkan sepuluh persen dari dana DAU yang diterima Pemda Palas diperkirakan sebesar Rp,55 miliar. Jika ditotal jumlahnya mencapai Rp234 miliar.  “Dari keseluruhan Dana tersebut jika dibagi 303 dari jumlah desa se Palas, masing-masing desa mendapatkan kucuran dana sekitar Rp600-Rp700 juta,” kata  Kabag Tapem Harjusli Fahri Siregar kepada Analisa belum lama ini.

Harjusli yang pernah menjabat Camat Kecamatan Barumun itu menjelaskan, kecamatan per tahunnya  biasanya paling besar mendapat Rp600 juta itupun sudah termasuk honor pegawai di kecamatan.  “Jadi sudah hampir lebih besar dana bagi desa ketimbang kecamatan,” katanya.

Besarnya anggaran dana desa tersebut diharapkan mampu menggairahkan sektor-sektor yang ada dipedesaan. Mulai dari  fasilitas transportasi, pertanian maupun sektor lainnya bisa terbantu dari kucuran dana  untuk desa tersebut.

“Dan harapan kita bagaimana anggaran tersebut digunakan tepat sasaran, tepat guna sehingga bermanfaat bagi masyarakat desa itu sendiri,” pinta Harjusli. (ats)

Baca Juga :  Kesal Dengan Ketidak Pedulian Pemerintah, Warga dan Mahasiswa Mancing di Jalan Rusak Tanggal

(Analisa).

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*