2030, Es di Lautan Arktik Bakal Lenyap

Pemanasan global yang terus terjadi diprediksi bakal melenyapkan lapisan es di lautan Arktik, kutub utara pada tahun 2030. Para peneliti mengungkapkan, lapisan es di Arktik semakin menipis dari tahun ke tahun.

Telegraph, Kamis (16/9/2010) melansir pekan lalu, pada akhir musim semi dan musim panas lapisan es mencair sekira 1,84 juta mil persegi. Hal itu didasarkan data University of Colorado’s National Snow and Ice Data Center.

“Ini ketiga kalinya dalam catatan satelit di mana lokasi es mencair sangat luas dalam empat tahun terakhir,” tulis laporan tersebut.

Sementara itu, data National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menunjukkan pada Agustus 2010 wilayah yang diselimuti es menurun sekira 22 persen dibandingkan tahun 1979 hingga 2000. Agustus 2010 merupakan periode terburuk mencairnya es di Arktik sejak tahun 1979. Sebelumnya NOAA mencatat pencairan es terbesar terjadi pada September 2007 di mana es mencair seluas 1,595 juta mil persegi.

Menurut Direktur National Snow and Ice Data Center Mark Serreze, seperti dunia secara keseluruhan, pemanasan dan pemanasan terjadi dengan cepat. “Kami mulai melihat lautan es mencair secara besar-besaran, tren penyusutan lapisan es terus berlanjut,” kata Serreze.

“Kami berpikir bahwa pada tahun 2030 atau lebih, jika Anda pergi ke Kutub Utara pada tanggal satu September, Anda mungkin tidak akan melihat es sama sekali,” tandas Serreze. (ugo)

Baca Juga :  Perundingan Kinabalu - Malaysia Janji Tak Akan Tahan Petugas Indonesia Lagi

Sumber ;http://techno.okezone.com/read/2010/09/16/56/372750/2030-es-di-lautan-arktik-bakal-lenyap

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*